Jakarta (ANTARA) - BMW Group telah mulai memproduksi komponen baterai di pabriknya di Leipzig dan Regensburg, kurang dari setahun sejak keputusannya untuk memperluas kapasitas produksi e-drive di Jerman.

Pabrik BMW roup Leipzig akan meluncurkan produksi seri modul baterai besok, 3 Mei 2021, sementara pabrik BMW Group Regensburg mulai melapisi sel baterai untuk baterai tegangan tinggi April lalu.

Baca juga: Moeldoko: Baterai adalah masa depan dan masa depan adalah baterai

Baterai tegangan tinggi juga akan diproduksi di Regensburg mulai tahun 2022. "Kami mengharapkan setidaknya 50 persen dari kendaraan yang kami kirimkan ke pelanggan kami di seluruh dunia akan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2030," kata Michael Nikolaides, Wakil Presiden Senior Mesin Produksi dan E-Drive BMW, dalam pernyataannya, dikutip Minggu.

"Dan kami secara sistematis memperluas jaringan produksi kami untuk rangkaian penggerak listrik sebagai tanggapan atas hal ini," tambahnya.

Perusahaan ini menginvestasikan lebih dari 250 juta euro di lokasi Regensburg dan Leipzig untuk memproduksi kendaraan listrik BMW Group yang jumlahnya terus bertambah dengan baterai bertegangan tinggi.

Komponen baterai bertegangan tinggi akan digunakan dalam produksi BMW iX dan BMW i4, keduanya akan segera diluncurkan ke pasar. Sistem produksinya diklaim sangat fleksibel dan juga akan memasok komponen baterai untuk kendaraan listrik BMW Group lainnya di masa mendatang.

BMW Group menginvestasikan total sekitar 790 juta euro untuk memperluas kapasitas produksi komponen drivetrain untuk kendaraan listrik di lokasi Dingolfing, Leipzig, Regensburg, dan Steyr antara tahun 2020 dan 2022.

Leipzig adalah pabrik pelopor BMW Group untuk elektromobilitas dan telah membangun kendaraan listrik penuh pertama BMW Group, BMW i3, sejak 2013. Sekarang, lokasi tersebut juga akan memproduksi komponen drivetrain elektrik.

“Kami melanjutkan jalur ini dengan peluncuran produksi modul baterai dan lebih meningkatkan kelangsungan masa depan pabrik untuk elektromobilitas,” kata Hans-Peter Kemser, Direktur Pabrik BMW Group Plant Leipzig.

Hingga saat ini, sel baterai telah dilapisi di BMW Group Plant Dingolfing dan BMW Brilliance Automotive Plant Powertrain di Shenyang, China.

Pelapisan meningkatkan ketahanan mekanis dan konduktivitas termal sel baterai.

Ini membantu meningkatkan isolasi dan pendinginan sel baterai e-drive generasi kelima yang lebih bertenaga. Mulai 2022, pabrik di Regensburg akan memproduksi baterai bertegangan tinggi dari modul baterai.


Baca juga: Ford dirikan pusat penelitian percepat pengembangan baterai EV

Baca juga: Arcandra Tahar bicara nikel dan tantangan produksi baterai listrik

Baca juga: Piaggio, KTM, Honda dan Yamaha tandatangani kesepakatan Baterai Swap

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021