Jakarta (ANTARA) - Volkswagen berencana untuk merancang dan mengembangkan chip bertenaga tinggi untuk kendaraan otonom, bersama dengan perangkat lunak yang diperlukan, kata Kepala Eksekutif Herbert Diess kepada sebuah surat kabar Jerman.

"Untuk mencapai kinerja yang optimal mengingat tuntutan tinggi yang ada untuk mobil, perangkat lunak dan perangkat keras harus keluar dari satu tangan," kata Diess kepada Handelsblatt, sebagaimana dilaporkan Reuters, dikutip Minggu.

Volkswagen tidak berencana membangun semikonduktor tetapi ingin memiliki paten jika memungkinkan, kata Diess, seraya menambahkan bahwa unit perangkat lunak grup Cariad akan mengembangkan keahlian dan memperluas.

Langkah tersebut merupakan tanggapan terhadap Tesla, yang dapat mengintegrasikan chip yang dirancang khusus, memungkinkan perusahaan AS untuk mengembangkan fitur baru lebih cepat daripada pesaingnya.

"Apple dan Tesla memiliki kompetensi yang lebih tinggi dalam hal definisi semikonduktor," kata Diess.

Daimler Jerman mengumumkan kesepakatan dengan Nvidia tahun lalu untuk mengembangkan dan melengkapi mobil Mercedes-Benz dengan chip generasi mendatang dan platform perangkat lunak.


Baca juga: VW perkirakan pasokan chip tetap terbatas beberapa bulan mendatang

Baca juga: Subaru akan hentikan produksi di Indiana karena kelangkaan chip

Baca juga: Nissan akan pangkas produksi di Jepang karena kekurangan chip

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021