Lanjutan terbaru ini dibuat sebagai dukungan tambahan kepada rakyat dan keprihatinan perusahaan-perusahaan telekomunikasi melihat situasi pandemik COVID-19 di negara ini masih belum stabil, lebih-lebih lagi untuk membantu pelajar-pelajar sekolah bera
Kuala Lumpur (ANTARA) - Komite Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) telah mendapat persetujuan lima perusahaan telekomunikasi utama yaitu Celcom, Digi, Maxis, U-Mobile dan Telekom Malaysia (TM) untuk melanjutkan pemberian 1GB data harian gratis kepada semua pelanggan masing-masing hingga 31 Juli 2021.

Kementrian Komunikasi dan Multimedia Malaysia (KKMM) dalam pernyataannya di Putrajaya, Jumat, mengatakan pemberian data gratis 1GB secara harian sejak April tahun lalu bertujuan membantu rakyat menghadapi norma baru digitalisasi semasa dilanda pandemik COVID-19 dan telah dilanjutkan beberapa kali serta sepatutnya tamat pada 30 April 2021.

"Lanjutan terbaru ini dibuat sebagai dukungan tambahan kepada rakyat dan keprihatinan perusahaan-perusahaan telekomunikasi melihat situasi pandemik COVID-19 di negara ini masih belum stabil, lebih-lebih lagi untuk membantu pelajar-pelajar sekolah beralih ke pembelajaran di rumah setelah Idul Fitri seperti yang telah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan baru-baru ini," katanya.

MCMC menyatakan kuota harian 1GB gratis adalah tambahan pada paket langganan data yang ada dan bisa digunakan untuk mengakses platform video serta mengakses bahan-bahan pelajaran melalui e-mail sepanjang hari tanpa batasan waktu.

Fasilitas ini tidak digunakan untuk melayari media sosial, video straiming, musik straiming dan game online.

Sementara itu, YTL Communications Sdn. Bhd. (YTL) juga terus mendukung sistem pendidikan dengan melanjutkan inisiatif Learn From Home (LFH) hingga 30 September 2021 dan turut memfasilitasi mahasiswa perguruan tinggi.

"Paket istimewa ini menyediakan kartu SIM gratis dengan data sebanyak 40GB, konten gratis dan telefon pintar gratis untuk pelajar dari keluarga tidak mampu," katanya.

MCMC berharap lanjutan pemberian 1GB data gratis harian hingga 31 Juli 2021 dan dukungan lain yang disediakan akan sedikit sebanyak memberi kelegaan kepada rakyat untuk menghadapi perubahan norma baru dalam pendidikan, pekerjaan dan lain-lain.

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur minta akses konsuler kunjungi 11 pekerja restoran

Baca juga: Malaysia terapkan 14 hari karantina cegah varian baru COVID-19

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021