Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses meluncurkan generasi terbaru dari Hyundai New Santa Fe, PT Hyundai Motors Indoensia (HMID) menggelar sesi test drive bagi para awak media guna memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kenyamanan, keamanan, dan juga ketangguhan dari New Hyundai Santa Fe dengan berbagai kontur jalan yang berbeda.

ANTARA berkesempatan merasakan langsung kendaraan SUV asal Korea Selatan tersebut, yang diklaim memiliki fitur keselamatan terlengkap di kelasnya.

Rute yang dilalui adalah mengelilingi tiga Provinsi yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, membuat perjalan semakin seru ditambah hadirnya berbagai kontur jalan dan aspal yang berbeda.

Baca juga: Alasan Hyundai tidak bawa New Santa Fe Hybrid ke Indonesia

"Kami percaya melalui peningkatan fitur-fitur keamanan premium dan teknologi terdepan dari New SANTA FE akan memberikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan bagi para pelanggan kami," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur.

Dari tampilan luar, New Santa Fe sudah memikat hati dengan kesan yang kokoh. New Santa Fe semakin terlihat elegan berkat hadirnya grille yang memiliki desain geometris yang khas, selain itu ew Santa Fe juga hadir dengan lampu beraksen huruf T pada LED Daytime Running Lights (DRL) di setiap sudut grillenya.

Rupanya, tidak hanya memberikan kesan yang baik pada bagian luar. New Santa Fe juga memberikan kesan yang nyaman ketika berada di dalam. Pasalnya New Santa Fe menghadirkan panel digital instrument cluster berukuran 12.3 inci.

Baca juga: New Santa Fe dapat sambutan baik dari pasar Indonesia
Hyundai New Santa Fe (ANTARA/HMID)

New Santa Fe juga memberikan kemudahan bagi pemiliknya jika ingin membawa barang besar ke dalam mobil, New Santa Fe memiliki konfigurasi tempat duduk yang dapat disesuaikan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, pengalaman semakin ditingkatkan melalui penggunaan material premium yang halus dan lembut, di mana menonjolkan kemewahan dari New Santa Fe.

New Santa Fe masuk ke Indonesia dengan dua pilihan powertrain yang berbeda, gasoline dan juga Diesel. 

Impresi awal ketika mengendarai mobil dengan powertrain 2.5L MPi gasoline engine with 6-speed automatic transmission ini, terbilang cukup responsif jika pengendara langsung menginjak gas dari sejak awal.

Baca juga: Hyundai New Santa Fe resmi mengaspal di Indonesia
Hyundai New Santa Fe (ANTARA/HMID)

Berkendara semakin percaya diri berkat sistem keamanan yang ditanam dalam kendaraan ini terbilang cukup lengkap dan juga sangat bermanfaat. Pasalnya pada waktu itu, ANTARA merasakan berkendara dalam keadaan hujan lebat dengan jarak pandang yang cukup pendek menuju pada saat menuju Bogor, Jawa Barat.

Hanya dengan menekan satu kali sentuhan, fitur Lane Following Assist dapat sangat membantu pengendara untuk tetap berada dalam garis yang benar dan akan memberikan peringatan jika memang kendaraan keluar dari jalur.

Selain itu, New Santa Fe juga menghadirkan berbagai teknologi keamanan canggih lainnya seperti, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Surround View Monitor (SVM) hingga 6 SRS Airbags.

Tidak hanya itu saja, New Santa Fe juga menghadirkan Electric Child Lock (ECL) & Safe Exit Assist (SEA) yang dapat membantu mengurangi risiko benturan dengan kendaraan yang datang dari arah belakang bagi penumpang yang ada di baris kedua.

Pada malam hari ketika balik menuju Jakarta, para peserta menghidupkan fitur High Beam Assist yang dapat mengatur cahaya lampu kendaraan yang dapat menyesuaikan keadaan sekitar tanpa harus mengganggu pengendara dari arah berlawan dan juga kendaraan di depan.

Tentunya, meski memiliki berbagai kecanggihan di dalamnya, kendali dari pengemudi itu sendiri sangat dibutuhkan dan tidak boleh untuk memberikan pengendalian penuh kepada teknologi yang terdapat dalam New Santa Fe.

Secara keseluruhan, New Santa fe yang hadir dalam varian warna Typhoon Silver Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic Gray Metallic, Phantom Black Pearl, dan Lagoon Blue Pearl sngat menarik hati dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih dan juga membantu mempermudah pengemudi dalam berkendara serta memberikan rasa yang nyaman bagi penumpang di dalamnya.

Berikut daftar harga dari New Santa Fe On-the-road Jakarta:
-New SANTA FE G 2.5 6AT Style Rp569 juta
-New SANTA FE G 2.5 6AT Prime Rp599 juta
-New SANTA FE G 2.5 6AT Signature Rp678 juta
-New SANTA FE D 2.2 8DCT Style Rp629 juta
-New SANTA FE D 2.2 8DCT Prime Rp659 juta
-New SANTA FE D 2.2 8DCT Signature Rp729 juta


Baca juga: Hyundai Santa Fe 2021 meluncur dengan dua pilihan mesin

Baca juga: Soal "recall" Sonata dan Santa Fe, Hyundai kena denda 54 juta dolar

Baca juga: Santa Fe 2021 lebih mewah dengan mesin 2.5 liter

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021