Jakarta (ANTARA) - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, menjadi mitra ban orisinal bagi mobil sport Porsche, kali ini untuk model Porsche 718 Boxster dan Cayman.

Ban yang digunakan untuk 718 Boxster dan Cayman itu adalah Ventus S1 evo 3 dengan ukuran 235/40 ZR19 (92Y) N-0 untuk front axle dan 265/40 ZR19 (98Y) N-0 untuk rear axle-nya.

Sebelumnya, ban Hankook Ventus S1 evo 3 juga sudah digunakan untuk Porsche Cayenne dan Taycan sejak tahun 2020 lalu, sesuai spesifikasi kendaraan masing-masing, yaitu SUV (sport utility vehicle) dan EV (electric vehicle).

“Porsche hadir sebagai mobil sport berperforma tinggi yang memberikan kenyamanan berkendara tingkat tinggi, namun di saat yang sama, cocok untuk berkendara sehari-hari. Ini membuat pengembangan inovasi ban jadi semakin kompleks,” ujar Jeongho Park selaku Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur OE Division Hankook.

“Kami sangat bangga dengan kemitraan strategis untuk komponen orisinal dari Hankook ini, sebagaimana hal ini menunjukkan performa yang baik dari produk kami secara keseluruhan,” katanya dalam pernyataan pers, dikutip Jumat.

Ventus S1 evo 3, menurut Hankook, dilengkapi dengan bead core berkekuatan tinggi yang merupakan hasil kombinasi dari dinding samping yang lebih kokoh, yang memastikan kestabilan yang tinggi dalam berkendara, termasuk straight-line stability (SLS) dan setir yang presisi melengkapi handling yang sporty dan dinamis.

Untuk menambah kestabilan berkendara dan stir yang presisi, bahan rayon carcass ringan digunakan bersama dengan bahan aramid composite khusus di area belt. Perpaduan tersebut berhasil mengurangi pelebaran yang tidak diinginkan dari rolling circumference yang mencapai 60 persen, bahkan pada saat kecepatan tinggi, jika dibandingkan dengan bahan baku yang biasa.

Tapak khusus juga dibuat menggunakan resin alami berkualitas tinggi sehingga memastikan cengkraman yang pas dan daya tarik yang unggul serta performa mengerem yang baik untuk medan basah dan kering.

"Mobil sport dengan mid-engine selalu punya keistimewaan. Karenanya pengalaman berkendara yang khusus dari Porsche 718 Boxster memegang peranan penting saat test drive.” ujar Aleix Alcaraz, mewakili development driver (pengemudi pengembangan kendaraan) di Hankook Tire, yang bertanggung jawab di divisi mobil sport.


Baca juga: Hankook kembangkan ban ramah lingkungan

Baca juga: Hankook Tire siapkan inovasi ban khusus kendaraan listrik

Baca juga: Pahami cara kerja tekanan angin pada ban kendaraan niaga

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021