Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Pembuat mobil sport mewah Jerman Porsche pada Rabu mengatakan, pihaknya akan menjamin pekerjaan dari 9.000 pekerja di tiga tempat domestik sampai dengan 2015.

Porsche juga berencana untuk berinvestasi lebih dari 500 juta euro (650 juta dolar) dalam operasinya di Jerman, kata sebuah pernyataan.

Keputusan itu mencakup fasilitas di Zuffenhausen, Ludwigsburg dan Weissach,dekat kantor pusat Porsche di Stuttgart, Jerman selatan.

Hal ini berlaku sampai dengan Juli 2015 dan termasuk mempekerjakan 100 pekerja per tahun pada akhir periode pelatihan mereka.

Investasi akan berfokus pada peningkatan kapasitas produksi dan mendorong inovasi, kata pernyataan itu.

Di antara perubahan yang direncanakan oleh Porsche adalah pergeseran konstruksi dari model Boxster dan Cayman dari Finlandia ke Jerman, meskipun pemasok Finlandia Valmet Outomotive akan terus membangun badan-badan Caymen.

Kelompok Jerman mencatat sejumlah pesanan pada Juni dan Juli, dan jika kapasitas produksi di Zuffenhausen itu terlampaui, perusahaan dapat mendesak Volkswagen untuk mengulurkan tangan, kata pernyataan itu.

VW, produsen mobil terbesar di Eropa, kini memiliki 49,9 persen saham Porsche dan berencana untuk mengambil alih sahamnya yang belum dimiliki sebelum 2011.

Porsche mengatakan awal bulan ini bahwa kepala strategi produksi VW Matthias Mueller akan menjadi kepala eksekutif Porsche berikutnya, efektif 1 Oktober.(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010