Wako, Jepang (ANTARA News) - Honda akan membangun pabrik baru di Indonesia untuk meningkatkan produksi sepeda motor, yang menjadi pilar kunci bisnis otomotif di Asia, kata presiden perusahaan Takanobu Ito, Selasa.

Pabrik baru di Jakarta akan mulai beroperasi tahun depan dan memperluas kapasitas produksi Honda secara keseluruhan di Indonesia sampai empat juta unit. Negara ini pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

"Di negara-negara berkembang, sepeda motor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, dan pasar-pasar raksasa dengan ukuran berlimpah dari populasi mereka memiliki potensi untuk berkembang lebih lanjut," kata Ito dalam sebuah konferensi pers seperti dilaporkan AFP.

Honda Motor, produsen mobil terbesar kedua Jepang, bertujuan untuk memperluas produksi sepeda motor di Asia tidak termasuk Jepang hingga 18 juta unit dari 16 juta pada saat ini pada akhir 2011.

Honda juga akan memperkenalkan model olahraga jenis baru di Thailand pada musim gugur ini menyusul peluncuran skuter PCX bulan lalu, kata Ito.
(A026/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010