New York (ANTARA News) - IBM mengatakan Senin keuntungan bersih pada kuartal kedua tahun ini naik sembilan persen tetapi fluktuasi mata uang telah mendorong pendapatan raksasa komputer AS itu di bawah ekspektasi para analis Wall Street.

IBM melaporkan keuntungan bersih 3,4 miliar dolar atau 2,61 dolar per saham, pada kuartal yang berakhir 30 Juni lalu dibanding dengan 3,1 miliar dolar atau 2,32 dolar per saham, pada kuartal yang sama setahun lalu, sebagaimana dikutip dari AFP.

IBM mengatakan bahwa fluktuasi mata uang mengurangi pendapatan sebanyak 500 juta dolar pada kuartal kedua.

"Berbeda dengan ekspektasi analis adalah semua mata uang," kata chief financial IBM Mark Loughridge dalam sebuah `conference call".

"Kinerja operasional kami sesuai target."

Perusahaan itu menaikkan prospek setahun penuh untuk pendapatan per saham dengan "setidaknya 11,25 dolar" dari 11,20 dolar.

IBM mengatakan bahwa pendapatan dari kegiatan di Amerika meningkat dengan tiga persen menjadi 10,2 miliar dolar pada kwartal tersebut, sementara pendapatan menurun enam persen di Eropa, Timur Tengah dan Afrika menjadi 7,4 miliar dolar.

"Eropa seharusnya melihat kecenderungan membaik dan secara menyeluruh untuk korporasi IBM seharusnya sama," kata Loughridge.

IBM mengatakan pihaknya telah menandatangani kontrak layanan selama kwartal tersebut mencapai 12,3 miliar dolar atau turun 12 persen dibanding setahun lalu.

Saham-saham IBM turun 4,00 persen dalam beberapa jam setelah perdagangan elektronik menjadi 124,50 dolar setelah meningkat 1,37 persen selama perdagangan hari itu.
(S004/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010