Palembang (ANTARA News) - Ivan Kolev, warga Bulgaria yang mantan pelatih tim sepak bola nasional Indonesia segera melatih Sriwijaya Football Club pada musim kompetisi mendatang.

Informasi dari Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri, Hendri Zainuddin, di Palembang, Senin, menyatakan bahwa pelatih asal Bulgaria itu akan menyaksikan secara langsung pertandingan Sriwijaya FC melawan Persebaya pada leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia, di Surabaya, 20 Juli 2010.

Menurut dia, Ivan akan mengamati skuad "Laskar Wong Kito" yang bertanding guna keperluan meracik skuad Sriwijaya Football Club (SFC) musim depan.

"Memang benar besok Ivan akan menonton langsung pertandingan Sriwijaya FC lawan Persebaya. Dia akan duduk di tribun penonton, untuk mengamati pemain secara langsung, dalam menentukan pemain mana akan dipertahankan atau dibuang," kata Hendri.

Kendati telah menyatakan terang-terangan maksud dari kehadiran Ivan di laga itu, namun Hendri tetap berkilah ketika ditanya kepastian posisi pelatih SFC musim depan.

"Bisa dilihat sendirilah sinyal yang kami berikan ke publik. Tapi, kami tetap berkomitmen dengan keputusan semula yakni mengumumkan secara resmi kursi pelatih setelah tugas di Piala Indonesia selesai," ujar dia.

Dia mengatakan, hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tim tetap kondusif dan tidak terpengaruh oleh masalah psikologis mengingat manajemen klub mengusung target mempertahankan gelar Piala Indonesia musim lalu.

"Seluruh bagian tim telah berkomitmen untuk menuntaskannya masalah rekrut merekrut pemain dan pelatih setelah Piala Indonesia," ucap mantan manajer PS Banyuasin ini.

Ivan adalah mantan pemain sepak bola Bulgaria dan kini masih berstatus pelatih tim nasional Bulgaria U-21 dan U-23.

Pelatih kelahiran Sofia, Bulgaria, 14 Juli 1957, pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia periode 2002-2004. Dia menggantikan Peter Withe, pelatih asal Inggris karena dinilai cukup mengetahui karakter permainan sepak bola Indonesia.

Selain itu, dia juga dikenal cukup fasih berbahasa Indonesia, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi dengan timnya.
(T.ANT-039/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010