Jakarta (ANTARA News) - Tim "Seven Summits Expedition" atau tim pendaki puncak tertinggi dunia di tujuh benua dari Wanadri yang akan melakukan pendakian ke Puncak Kilimanjaro (5.892m) di Tanzania, Afrika, diasuransikan.

Ketua Harian "Seven Summits Expedition" Yoppie R Saragih saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin, mengatakan, asuransi bagi pendaki sangat diperlukan sebagai salah satu jaminan atas keselamatan pendaki selama melakukan pendakian.

"Semua pendaki yang masuk tim diasuransikan. Itu berlaku selama melakukan pendakian," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pendaki yang diasuransikan untuk pendakian ke Puncak Kilimanjaro sebanyak 12 orang. Semua pendaki yang tergabung dalam Tim Alpha itu akan bertolak menuju Tanzania, 26 Juli nanti.

12 orang yang diasuransikan enam diantaranya adalah Ardesir Yaftheby, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, Nurhuda, Fadjri Al Luthfi, dan Gina Afriani. Enam nama yang lain adalah tim pendukung pendakian.

"Mereka sebetulnya telah mendapatkan asuransi dari Tugu Pratama sejak pendakian pertama ke Puncak Ndugu-Ndugu Papua lalu. Tapi mereka belum menerima polisnya. Besok, Selasa (20/7) baru menerima secara resmi," katanya menambahkan.

Ditanya kesiapan tim, pria yang juga seorang pendaki ini mengaku sudah siap tinggal menunggu waktu keberangkatan ke Puncak Kilimanjaro. Semuanya telah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan selama pendakian.

"Secara umum semuanya telah siap baik kesiapan pendaki serta akomodasi yang diperlukan selama pendakian. Saat ini, mereka (pendaki red) telah memasuki masa tenang (recovery)," katanya menjelaskan.

Tim "7 Summits Expedition" sebelumnya telah sukses mendaki sasaran pertama yaitu Puncak Ndugu-Ndugu atau Cartenz Pyramid (4884) di Papua tanggal 18 April lalu. Di puncak tertinggi di Oceania tim pendaki juga melakukan latihan untuk pendakian berikutnya yaitu Puncak Kilimanjaro.

Setelah mendaki Puncak Kilimanjaro di Tanzania, perjalanan pendaki akan langsung menuju Puncak Elbrus Elbrus (5.642) di Rusia. Sesuai jadwal pendakian dilakukan medio bulan Agustus-September mendatang.

Tim Alpha setelah mendaki dua puncak akan kembali ke tanah air guna menyiapkan pendakian berikutnya yaitu ke Puncak Vinson Massif (4.897) di Antartika pada pertengahan Desember 2010-Januari 2011.

Selanjutnya secara berturut-turut akan mendaki Puncak Denali/Mc Kinley (6194) di Alaska pada pertengahan April-Mei 2011, Puncak Aconcagua (6.962) di Argentina pada pertengahan November-Desember 2011 dan sasaran terakhir adalah Puncak Sagarmatha/Everest (8.850) di Nepal pada pertengahan April-Mei 2012.
(B016/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010