Kudus (ANTARA News) - Tim Persatuan Sepak Bola Indonesia Kudus (Persiku) segera mendatangkan tiga pemain asing untuk memperkuat tim ini untuk mengikuti babak play off supaya tetap bisa tampil di Divisi Utama pada musim kompetisi mendatang.

"Aturan sebelumnya, pemain yang akan memperkuat tim pada babak play off harus pemain lokal. Kini PT Liga Indonesia (LI) memperbolehkan semua tim menggunakan tiga pemain asing," kata Ketua Pengurus Harian Persiku Kudus, Samani Intakoris, di Kudus, Senin.

Ia mengatakan, pemain asing yang akan memperkuat tim ini akan segera didatangkan ke Kudus, agar bisa menjalani latihan bersama.

Menurut rencana, katanya, babak play off akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Agustus 2010 di Semarang.

Untuk menguji kemampuan pemain yang menjalani latihan sejak Rabu (7/7) lalu, katanya, tim Persiku akan menjalani uji tanding dengan tim sepak bola Kabupaten Pekalongan pada Sabtu (24/7).

"Harapan kami, tim Persiku bisa lolos babak play off karena perjuangan pengurus sejak awal cukup maksimal," ujarnya.

Sementara itu, dana yang dibutuhkan untuk mengikuti babak play off mencapai Rp750 juta, termasuk untuk membayar honor pemain asing.

Menurut rencana, kata dia, dana untuk mengikuti babak "play off" akan diajukan melalui APBD Kudus, sekaligus untuk pendanaan tim Persiku pada musim kompetisi mendatang.

"Estimasi dana yang akan diajukan melalui APBD sekitar Rp7 miliar lebih," ujarnya.

Sementara jumlah pemain yang dipersiapkan mencapai 20-an pemain, yang didominasi pemain lokal Kudus.

Latihan untuk persiapan babak play off, katanya, dimulai Rabu (7/7) kemarin.

"Mudah-mudahan, dengan persiapan tim lebih awal akan membuahkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Persiku Kudus Muhammad Ridwan mengatakan, tiga pemain asing yang akan didatangkan, yakni Owang Abong Crepin, Cristian Bekatal, dan Kamga Jean.

"Ketiganya dijadwalkan datang ke Kudus besok (20/7) pagi," ujarnya.

Terkait dengan honor ketiganya, kata dia, diperkirakan masing-masing pemain akan menghabiskan dana hingga puluhan juta. "Dimungkinkan per orang mencapai Rp70-an juta," ujarnya.

Ia berharap, tim kebanggaan warga Kudus ini bisa lolos babak play off, sehingga tidak terdegradasi ke Divisi I.

Adapun jumlah tim yang akan mengikuti babak "play off", meliputi tim Persiku, Persis Solo, dan Persires Rengat.

Kondisi tim Persiku Kudus saat ini, kata dia, dinilai cukup baik, mengingat gaji pemain yang sempat tertunda bisa terbayarkan semuanya.
(U.KR-AN/F002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010