Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menemui manajemen grup Bakrie dan Bank Capital (BACA) terkait dana misterius yang mengalir dalam kelompok usaha itu baru-baru ini.

Rencananya, BEI akan meminta penjelasan secara tertulis terlebih dahulu kepada manajemen Grup Bakrie. "Kami sudah telaah laporan keuangannya, dan memang ada catatan mengenai laporan keuangan mengenai dana tersebut," kata Direktur Penialian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, di Jakarta Selasa.

Ia menambahkan, biasanya, permintaan penjelasan ini harus dijawab paling lambat tiga hingga satu pekan. Permintaan penjelasan secara tertulis ini akan dikirimkannya pada hari ini.

"Ya, kita sudah tanya dan kita sudah sampaikan permintaan penjelasan, tidak hanya untuk BNBR (Bakrie & Brothers), tapi ada beberapa pihak lain juga. Permintaan penjelasan ini lebih bersifat informal," tegasnya.

Namun, jika nantinya dalam penjelasan tersebut dirasa kurang, ada kemungkinan BEI akan memanggil manajemen grup Bakrie dan manajemen Bank Capital.

"Kami meminta penjelasan kenapa bisa ada perbedaan sebesar itu baik dari BNBR, UNSP, BACA ataupun Bakrie Energy, Dari penjelasan mereka nanti baru akan kita buatkan keterbukaan. Jadi penjelasan nantinya pasti akan disampaikan ke publik" katanya.

Sebelumnya otoritas Bursa memanggil manajemen Bakrie and Brothers dan Bank Capital terkait perbedaan laporan keuangan kedua perusahaan tersebut.

Dalam laporan keuangan perseroan pada kuartal I 2010, Bakrie and Brothers menempatkan dana sejumlah Rp3,76 triliun pada Bank Capital. Namun posisi setara kas Bank Capital Rp2,69 triliun. Terdapat selisih Rp1,07 triliun.

Adapun Direktur Keuangan BNBR Eddy Soeparno mengatakan tidak dapat memberikan penjelasan. "Mungkin itu laporan konsolidasi, saya tidak memegang laporan keuangan, saya sedang libur," kata dia.

(KR-ZMF/B012/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010