Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan membawa mobil listrik, Future Toyota Electric Vehicle (FT-EV) II, sebagai mobil utama pada pameran "Indonesia International Motor Show" (IIMS) ke-18 di Jakarta 23 Juli hingga 1 Agustus 2010.

"Kami bukan bermaksud ikut-ikutan, kehadiran mobil tersebut (FT-EV II) menguatkan posisi Toyota sebagai produsen yang mengedepankan inovasi dalam produk maupun layanan dengan kepedulian terhadap lingkungan," kata Presdir TAM Johnny Darmawan, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, Toyota telah memiliki sejumlah mobil ramah lingkungan dengan mesin berbasis hibrid, hidrogen, maupun listrik. Namun diakuinya, pengembangan mobil listrik Toyota masih menemui kendala, terkait tenaga yang masih kecil dari mesin berbasis listrik saja.

"Mobil listrik itu masih agak sulit (untuk dikomersialisasi saat ini), terkait baterai penyimpan tenaga listriknya paling hanya 4-5 jam dan kecepatannya. Toyota menginginkan bisa menemukan dulu baterai yang kecil untuk menyimpan energi listrik yang besar, sehingga tenaga mobil (listrik) itu juga memuaskan," ujarnya.

FT-EV II merupakan mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan di ajang Detroit Auto Show dan Tokyo Motor Show pada 2009. Johnny mengatakan untuk membawa FT-EV II pihaknya harus memesan jauh hari karena berebutan dengan negara lain yang ingin memamerkan mobil tersebut.

"Keberadaan mobil tersebut merupakan bagian dari tema besar yang diusung TAM pada IIMS 2010 yaitu `We Innovate the Eco-life for U'," ujar Johnny.

FT-EV II merupakan mobil bertenaga listrik yang mengusung baterai ion lithium yang bisa mengangkut empat penumpang dengan jarak 90 kilometer untuk sekali charge," dan memiliki kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam.

Eksterior dan interior mobil tersebut menyerupai mobil mini ramah lingkungan yang dikembangkan Toyota yaitu iQ. Mobil tersebut tidak memiliki pedal kaki atau roda kemudi. Roda kemudi diganti dengan semacam kontak kendali mirip kemudi pesawat terbang.

Lebih jauh ia mengemukan TAM juga menampilkan 10 jenis mobil lainnya yang telah memberi kontribusi penjualan selama ini, yaitu di jajaran mobil serbaguna (MPV) ada Innova dan Avanza, dan Alphard, di jajaran SUV ada Rush dan Fortuner, serta mobil perkotaan untuk anak muda Yaris, dan tiga sedan yaitu Vios, Corolla dan Camry, kemudian mobil kabin ganda, Hilux, dan mobil hibrid Prius.

"Totalnya kami memajang 19 unit mobil. Pada Innova, Avanza, Yaris, Vios, dan Corolla, kami memamerkan lebih dari satu unit untuk masing-masing tipe," ujar Johnny.

(R016/B012/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010