Jakata (ANTARA News) - Nokia berkomitmen mendapatkan kembali posisi puncak di ponsel pintar dan rencananya tidak akan menggunakan perangkat lunak selain dari Symbian dan Linux MeeGo, kepala unit solusi mobile-nya mengatakan pada Jumat.

"Ini bertujuan untuk memastikan Nokia sebagai pemimpin pasar dan intelektual dalam menciptakan dunia digital," tulis Anssi Vanjoki dalam sebuah blog di website Nokia.

"Tidak dapat disangkal, bahwa sebagai penantang, kami akan berjuang dengan usaha kami sendiri. Pertempuran pertama adalah bagaimana membuat produk dan jasa anda dimiliki dan digunakan."

Pembuat ponsel top dunia mengatakan pada pertengahan Juni penjualan kuartal kedua dan keuntungan di unit telepon kunci akan lebih lemah dari yang diharapkan karena berjuang untuk bersaing dengan iPhone Apple. Nokia juga mengatakan 2010 profit margin pada bisnis telepon akan lebih lemah.

Vanjoki mencatat, tugas berat untuk membuat Nokia pemimpin dalam smartphone, tetapi menambahkan bahwa perusahaan memiliki semua aset "untuk memproduksi pembunuh smartphones dan pasar-berkembang komputasi mobile."

"Symbian dan MeeGo adalah software terbaik untuk perangkat cerdas kita. Dengan demikian, kita tidak punya rencana untuk menggunakan perangkat lunak lainnya," katanya, menambahkan "tidak ada rencana untuk memperkenalkan sebuah perangkat Android dari Nokia."

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010