Palembang (ANTARA News) - Ketua KONI Provinsi Sumatera Selatan, H Muddai Madang menjanjikan hadiah mobil "sport" keluaran terbaru kepada atlet daerahnya yang berhasil menyumbangkan medali emas pada Asian Games di Guangzhou, China, 2-18 November 2010.

"Hadiah ini sebagai motivasi kepada atlet agar mereka mau berjuang habis-habisan saat membawa nama bangsa di kancah internasional. Karena jika berhasil, artinya mereka juga secara tidak langsung telah mengharumkan nama daerah," kata Muddai yang dihubungi dari Palembang, Senin.

Dia mengungkapkan, perihal pemberian bonus mobil ini sudah disampaikan langsung kepada atlet Sumsel yang tergabung dalam pelatnas AG dalam acara silaturahmi bersama pengurus KONI Sumsel, di Jakarta, Minggu (4/7).

Pertemuan itu dihadiri juga beberapa atlet Sumsel yang kebetulan berlatih di Jakarta untuk persiapan SEA Games XXVI tahun 2011 dan PON XVIII tahun 2012 dengan total 26 orang, dan ketua umum program "Sumsel Bangkit" Yusri Efenddi.

Atlet itu berasal dari cabang olah raga catur, renang, taekwondo, tinju, aeromodeling, dan terbang layang.

"Pertemuan ini sebagai kesempatan untuk mengikat emosional atlet dengan daerah yang dibelanya. Kami tidak ingin dikatakan kurang perhatian kepada atlet, karena memang tugas kami adalah sebagai bapak angkat berjuang keras memenuhi kebutuhan anaknya," ucap Muddai.

Dia melanjutkan, pertemuan ini digunakan juga untuk mengetahui kendala dan hal-hal yang dibutuhkan atlet Sumsel.

"Rencananya ajang silaturahmi ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali, dan tidak diperuntukan bagi atlet Asian Games saja, tapi juga atlet SEA Games dan PON. Kami juga akan menggelarnya di Palembang agar target tiga besar di PON dapat terwujud," ujarnya.

Ada empat atlet Sumsel yang mendapatkan tiket ke Asian Games, yaitu Maharani Ardhi (menembak), Rahma Saraswati (menembak), Akbar Nasution (renang), dan Rizal Samsir (taekwondo).

Keempatnya, terpilih menjadi skuad nasional setelah di ajang SEA Games Laos tahun 2009 berhasil meraih prestasi gemilang, bahkan di beberapa ajang kelas dunia lainnya telah menorehkan prestasi serupa.

ANT/M033

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010