Chicago (ANTARA News/AFP) - General Motors pada Kamis mengungkapkan, kenaikan lebih lemah dari yang diharapkan sebesar 10,7 persen pada penjualan di AS pada Juni menjadi 195.380 kendaraan, turun dari kinerja kuat pada Mei.

Penjualan empat "merek inti" GM - Chevrolet, Buick, Cadillac dan GMC - naik 36 persen dari setahun sebelumnya, menandai bulan keenam berturut-turut pertumbuhan penjualan sebesar 20 persen atau lebih.

GM mengatakan penjualan ritel naik 17 persen pada Juni, yang kesembilan bulan berturut-turut pertumbuhan penjualan ritel.

Penjualan empat merek GM yang dalam proses dijual atau dieliminasi - Hummer, Pontiac, Saab dan Saturn - turun 98 persen, dengan hanya 552 kendaraan bermotor yang dijual.

Analis otomotif kelompok Edmunds.com telah memperkirakan kenaikan 17,2 persen penjualan GM pada Juni dari Juni 2009 dan memperkirakan kinerjanya lebih lemah dari Mei, menandai sebulan insentif yang cukup besar dari semua produsen mobil.

Penjualan Juni mendapat dorongan dari kebangkitan permintaan untuk truk pickup besar, kata Don Johnson, wakil presiden GM untuk penjualan AS.

"Karena perusahaan terus berinvestasi dalam bisnis mereka, kita berharap segmen ini untuk terus memulihkan," kata Johnson dalam suatu pernyataan.

"Kami pikir merilis beberapa permintaan terpendam di pasar pick-up (truk) merupakan indikasi bahwa sebagian fundamental perekonomian AS secara bertahap menguat."(*)

(A026/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010