Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (PT YIMM) pada 10 dan 11 April 2021 mengajak para media bersama komunitas dan konsumen Yamaha Gear 125 untuk mengikuti kegiatan Yamaha Morning Ride (YAMAMORI).

Dalam kegiatan tersebut, peserta diberi kesempatan untuk mengelilingi jalanan Ibu Kota selama kurang lebih 125 menit menunggangi Yamaha Gear 125 yang baru diluncurkan pada November tahun lalu.

"Kali ini Yamaha mengajak para awak media, komunitas dan konsumen untuk merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan melalui 'city touring' untuk menguji keandalan dan keunggulan fitur yang hanya ada di Yamaha Gear 125," ujar Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Antonius Widiantoro di Jakarta, Minggu.

Baca juga: All New NMAX 155 Connected jelajah 5.000 km ke Timor Leste

Baca juga: Yamaha rilis MT-25 warna baru, harga tetap Rp55 jutaan


ANTARA berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut pada hari kedua dengan menunggangi Yamaha Gear 125 versi standar.

Rombongan yang terdiri dari delapan orang jurnalis, lima orang konsumen, serta tiga orang pengawal itu memulai start dari Yamaha Flagship Shop yang terletak di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, sekitar pukul 07.45 WIB.

Para peserta telah mengikuti protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah, seperti melakukan tes usap antigen, mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Seluruh peserta juga mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara, seperti pelindung lutut dan siku, jaket, sarung tangan, serta helm full face.
 
Rombongan peserta Yamamori yang mengendarai Yamaha Gear 125 saat memulai start dari Yamaha Flagship Shop Jakarta, Minggu, (11/4/2021) (ANTARA/HO-Yamaha Indonesia)


Rute yang dilalui meliputi kawasan Gunung Sahari, Kota Tua, Roxy Mas, Slipi, Semanggi, Senopati, hingga Tebet.

Situasi jalanan Jakarta terbilang lengang pada Minggu pagi itu. Namun, rombongan tetap berkendara dalam kecepatan aman, yakni di kisaran angka 60 km/jam.

Berbagai jenis permukaan jalan, mulai dari aspal yang mulus, bergelombang, hingga jalan berlubang silih berganti dilintasi rombongan di bawah sinar matahari pagi yang cukup terik.

ANTARA merasakan kelincahan dan kegesitan Yamaha Gear 125, terutama ketika melewati jalanan bergelombang dan berlubang.

Bodi ramping dan bobot yang tergolong ringan nampaknya menjadi salah satu faktor yang membuat Yamaha Gear 125 cukup lihai menghindari lubang maupun aspal yang tidak rata.

Diketahui, Yamaha Gear 125 memiliki dimensi 1870 mm x 685 mm x 1060 mm dan bobot 95 kg.
 
Rombongan peserta Yamamori yang mengendarai Yamaha Gear 125 saat melintasi sejumlah ruas jalanan Jakarta, Minggu (11/4/2021) (ANTARA/HO-Yamaha Indonesia)


Yamaha Gear 125 juga dapat diandalkan untuk meliuk-liuk melewati kepadatan lalu lintas Jakarta.

Seperti ketika rombongan melintas di kawasan Slipi yang cukup ramai. Beberapa kali Antara mampu bermanuver dengan mendahului kendaraan baik roda dua maupun roda empat tanpa kesulitan berarti.

Tarikan mesin yang agresif ditambah pengendalian yang terasa sigap, suspensi empuk, serta posisi berkendara yang terbilang nyaman, semakin membuat perjalanan pagi itu terasa menyenangkan.

Antara juga cukup terkesan dengan keiritan bahan bakar Yamaha Gear 125. Jarum indikator bahan bakar tidak bergerak turun meski sepeda motor tersebut telah dikendarai sejauh 36 km.

Baca juga: Anya Geraldine pilih skutik dengan jok lebar dan ruang kaki luas

Baca juga: Yamaha D'Elight 2021 hadir dengan teknologi baru


Antonius menyebut keiritan bahan bakar menjadi salah satu keunggulan Yamaha Gear 125. Kendaraan tersebut, kata dia, mampu mencatatkan angka hingga 78,26 km/liter melalui metode pengukuran full to full.

Keiritan bahan bakar tersebut, ujar Antonius menambahkan, juga dipengaruhi oleh mesin bluecore 125 cc dengan Teknologi SMG (Smart Motor Generator) yang disematkan pada kendaraan tersebut.

Bicara tentang fitur, motor yang dibanderol dengan harga Rp16.750.000 (on the road/OTR Jakarta) untuk varian standar itu dilengkapi dengan electric power socket, lampu hazard dan LED, serta double hook untuk menggantungkan barang bawaan.
Rombongan peserta Yamamori yang mengendarai Yamaha Gear 125 saat melintasi sejumlah ruas jalanan Jakarta, Minggu (11/4/2021) (ANTARA/HO-Yamaha Indonesia)


Selain varian standar, Yamaha Gear 125 juga hadir dalam versi S yang dibanderol dengan harga Rp17.500.000 (OTR Jakarta).

Pada versi ini, teknologi yang disematkan lebih lengkap, seperti adanya fitur stop and start system yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan menyala kembali saat tuas gas diputar serta fitur answer back system yang membantu menemukan lokasi motor di parkiran.

Secara keseluruhan, Antara cukup impresif selama mengendarai Yamaha Gear 125. Kendaraan ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki sepeda motor lincah, irit, nyaman dikendarai, dengan harga relatif terjangkau namun memiliki fitur yang cukup lengkap.

Selain berkeliling jalanan Jakarta dengan Gear 125, Yamaha juga mengajak peserta untuk mengikuti 125 shopping challenge
Peserta Yamamori mengikuti 125 shopping challenge di salah satu minimarket di kawasan Tebet, Jakarta, Minggu (11/4/2021) (ANTARA/HO-Yamaha Indonesia)
.

Para jurnalis, konsumen, dan komunitas diminta untuk berbelanja barang-barang sebanyak mungkin dalam waktu 125 detik di minimarket, dengan total harga maksimal Rp125 ribu.

Peserta yang total harga belanjaannya paling mendekati Rp125 ribu, mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Kegiatan pada hari itu ditutup dengan sesi pengenalan produk dari tim Yamaha dan berbagi pengalaman pribadi mengendarai Yamaha Gear 125 oleh para konsumen.

"Kami berharap melalui aktivitas ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia pada kehandalan Gear 125 dan terus gear up dalam menghadapi segala tantangan di rutinitas sehari-hari," kata Antonius.

Baca juga: Grab kerja sama dengan Yamaha untuk inisiatif keamanan

Baca juga: Yamaha kenalkan warna baru XMAX 250

Baca juga: Yamaha tambah warna silver untuk New NMAX 155 Connected/ABS

Pewarta: F017
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021