Sumenep (ANTARA News) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) RI dijadwalkan memberangkatkan kapal "Spirit Majapahit" dalam rangka keliling delapan negara dari Pelabuhan Marina Batavia Jakarta pada tanggal 4 Juli 2010.

Hal itu dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Soeroso di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu.

"Pak Menteri Kebudayaan dan Pariwisata sudah berkenan untuk melepas pemberangkatan kapal `Spirit Majapahit` pada tanggal 4 Juli 2010 dalam rangka berlayar ke delapan negara," katanya mengungkapkan.

Soeroso berada di Sumenep untuk melihat dari dekat proses pemberangkatan kapal "Spirit Majapahit" dari Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk ke Jakarta.

"Kapal langsung ke Jakarta, tepatnya ke Pelabuhan Marina Batavia. Di Jakarta, kapal langsung dipersiapkan untuk pemberangkatan keliling delapan negara," kata Soeroso menambahkan.

Pembuatan kapal "Spirit Majapahit" yang akan berlayar ke delapan negara dalam rangka misi kebudayaan itu merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia, yakni Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dengan "Japan Majapahit Association".

Delapan negara yang akan dikunjungi kapal "Spirit Majapahit" adalah Brunei Darussalam, Filipina, Jepang, China, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Kapal "Spirit Majapahit" diawaki oleh 10 orang dengan nahkoda, Mayor (Laut) Eko Denny Harianto.

Kapal yang dibuat oleh 15 perajin asal Sumenep itu sepanjang 20 meter, lebar 4,3 meter, dan tinggi sekitar 6 meter.

Pemberangkatan kapal "Spirit Majapahit" dari Pantai Slopeng ke Jakarta pada Minggu ini dijadwalkan pukul 10:00 WIB. (Ant/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010