Tanjungpinang (ANTARA News) - Duta Anti Narkoba, Manohara Odelia Pinot, menegaskan pentingnya pendidikan bahaya narkoba pada anak-anak sejak dini agar mereka tidak terjerumus sebagai pengguna maupun pengedar narkoba.

"Orang tua terutama harus mengajarkan anak-anak tentang bahaya narkoba secara detail agar terhindar dari bahaya narkoba dan tidak terjerumus sebagai pengguna atau pun pemakai," kata Manohara saat mengikuti peringatan Hari Narkoba Internasional di Tanjungpinang, Kamis.

Artis sinetron yang juga model itu mengatakan, dengan pembelajaran kepada anak terutama anak usia sekolah mengenai efek kesehatan yang dihasilkan dari narkoba itu diharapkan dapat memerangi peredaran narkoba.

Ketua Badan Narkotika Kota Tanjungpinang, Edward Mushalli, juga mengajak seluruh warga Kota Tanjungpinang untuk sama-sama menjauhi dan memerangi narkoba agar terhindar dari bahaya yang ditimbulkan.

"Narkoba no, prestasi yes," kata Edward yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang.

Dalam peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang mengambil tema "Hidup Sehat Tanpa Narkoba" itu juga diadakan jalan santai mengitari Lapangan Pamedan Tanjungpinang dan pemilihan Duta Anti Narkoba Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang untuk menjauhi dan memerangi narkoba karena telah merambah kepada semua umur dan agama.

"Narkoba tidak memandang umur dan agama, marilah sama-sama memerangi narkoba agar terhindar dari bahayanya," ujar Suryatati.

Wali Kota juga mengatakan, peredaran narkoba di Tanjungpinang saat ini bukan hanya ditempat-tempat yang dimungkinkan untuk beredar seperti ditempat-tempat hiburan, tapi juga sudah beredar dilingkungan masyarakat.

"Hasil dari operasi yang dilakukan pihak kepolisian bukan hanya ditemukan peredaran narkoba di tempat-tempat hiburan, namun juga ada kalangan ibu rumah tangga, pejabat, pegawai, maupun pelajar yang terjaring. Marilah sama-sama kita berantas peredaran narkoba," ujar Suryatati.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010