Stockholm (ANTARA News/AFP) - Ketua Volvo Group pemegang saham terbesar kedua, perusahaan induk Swedia Industrivaerden, mengatakan dalam komentar yang dipublikasikan Senin, perusahaannya tertarik untuk membeli beberapa saham Renault di truk Volvo.

"Jika Renault ingin menjual sahamnya, kita akan tertarik untuk mengambil beberapa dari mereka," kata ketua baru Industrivaerden`s, Sverker Martin-Loef, kepada harian keuangan Dagens Industri.

Komentar mengirim saham Volvo Group naik lebih dari empat persen pada awal diperdagangkan di Bursa Efek Stockholm, dan pada sekitar 1130 GMT mereka di perdagangkan naik 3,17 persen menjadi hampir 96 kronor (12,51 dolar, 10,09 euro).

Laporan Dagens Industri datang di tengah spekulasi di Swedia dan media internasional bahwa Renault Prancis, yang adalah pemegang saham terbesar Volvo dengan 21 persen saham, akan melepaskan diri dari kepemilikannya di pembuat truk Swedia.

Industrivaerden memegang 8,5 persen saham Volvo Group, yang membuat truk, bus dan kapal dan peralatan pesawat, tapi tidak termasuk merek Volvo Cars. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010