Stockholm (ANTARA News/AFP) - Volvo pada Senin mengatakan, pihaknya akan menarik kembali 29.299 mobil, karena adanya masalah pergeseran gigi yang bisa membuat kesulitan para pengemudi untuk mengubah gigi.

"Mobil yang dimaksud adalah semua model kami untuk tahun 2010 dan 2011 yang memiliki enam-kecepatan gear box manual," kata juru bicara perusahaan Per-Aake Froesberg kepada AFP.

"Kami telah mengidentifikasi bahwa pin silinder tangan ball-joints pada tuas penggantian roda gigi dapat meningkat (salah), yang dapat mengakibatkan ball-joint longgar, yang akan berarti bahwa pengemudi tidak akan dapat mengubah gigi," jelasnya.

Penarikan kembali mempengaruh seluruh dunia, katanya, dengan menambahkan bahwa Inggris yang paling terpengaruh, dengan 6.708 mobil, diikuti oleh Swedia dan Jerman.

Tidak ada kecelakaan selama ini terjadi karena masalah ini, Froesberg bersikeras, menambahkan bahwa gear box rusak "sangat mudah untuk memperbaikinya."

Pemilik model tersebut bisa membawa mobil mereka ke pengecer lokal dimana ball joints akan disesuaikan dengan benar dalam waktu kurang dari satu jam, kata dia.(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010