Jakarta (ANTARA News) - Kerusakan ekosistem hutan di sekitar Danau Toba di Sumatera Utara harus segera dipulihkan agar proyek penting di sepanjang Sungai Asahan terutama pembangkit listrik tidak terancam hancur.

Anggota DPR RI, Nurdin Tampubolon, di Jakarta, Senin mengatakan bahwa sangat prihatin dengan perambahan dan penggundulan yang terjadi di kawasan hutan sekitar Danau Toba.

Penggundulan hutan di sana, bukan hanya menghilangkan keindahan alam, tetapi juga mengakibatkan permukaan air Danu Toba tidak stabil dan cenderung menurun, katanya.

Selain itu, menurut dia, juga berdampak cukup fatal, yakni mengancam kelangsungan proyek di sepanjang sungai Asahan, antara lain, pabrik aluminium maupun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 1, II, III, IV dan V.

"Penggundulan hutan mengakibatkan tidak stabilnya debit air Danau Toba, bukan hanya mencoreng wajah kepariwisataan Danau Toba, tetapi sudah mengancam kelangsungan seluruh proyek Asahan," kata Nurdin Tampubolon berkaitan dengan temuan Komisi VI DPR RI yang melakukan kunjungan spesifik ke Inalum Kuala Tanjung, pekan lalu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Utara (Sumut) 1 ini memperkirakan kerusakan hutan penyangga di sekitar kawasan Danau Toba merupakan akibat banyaknya kegiatan pemanfaatan hutan yang berkisar 70 hingga 80 persen.

Nurdin, yang juga Ketua DPP Partai Hanura menegaskan, perambahan itu bukan hanya disebabkan pembalak liar, tetapi pemanfaatan hutan oleh perusahaan tertentu sehingga memperparah kerusakan dan penggundulan hutan.

Penggundulan hutan di kawasan Danau Toba, kata dia, telah mengancam kehidupan masyarakat yang bermukim di pinggiran Danau Toba. Pada musim hujan tiba, sebagian besar daerah yang berada di sekitar kawasan danau terancam bencana alam, seperti banjir bandang dan longsor, sebagaimana yang belum lama ini menimpa masyarakat Desa Sabulan dan Desa Rangsang Bosi, Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir.

"Selama ini, kita belum pernah mendengar Samosir dilanda banjir bandang. Jadi kita sangat terkejut ketika melihat kenyataan bahwa Samosir dilanda banjir bandang dan tentu penyebab utamanya adalah hutan yang gundul, sehingga tidak ada lagi yang menyerap air," kata Nurdin Tampubolon.

Nurdin memperkirakan, penggundulan hutan,juga sebagai salah satu penyebab utama tidak berfungsinya proyek PLTA Lau Renun di Dairi.

Beberapa sungai yang selama ini mengalir untuk menggerakkan turbin PLTA Lau Renun tidak bisa diharapkan lagi karena debit air sungai-sungai itu sudah tidak memadai untuk menggerak turbin

Dia membeberkan, sesuai dengan data yang diterimanya, dari 260.154 hektare daerah tangkapan air Danau Toba, sebagian besar sudah jadi lahan kritis atau sudah terdegradasi lingkungan.

Serapan air Danau Toba itu harus diselamatkan segera, jika tidak maka perairan Danau Toba akan terus menurun dan mengancam kelangsungan beberapa proyek besar di sepanjang sungai Asahan, yang merupakan sungai aliran air Danau Toba. Di samping itu, juga akan merugikan Sumut, sebab Danau Toba merupakan salah satu ikon kunjungan wisata," katanya.

Nurdin meminta pemerintah mengambil sikap tegas dan berani untuk bisa mengatasi penggundulan hutan di sana. Jangan hanya menangkap pembalak liar, tetapi keberadaan perusahaan yang diberi hak pemanfaatan hutan perlu ditinjau. Bila perlu perusahaan itu dipindahkan ke daerah lain .

"Selama ini, selalu menjadi kontoversi di masyarakat. Jadi tidak ada ruginya jika perusahan itu dipindahkan, apa lagi masyarakat kurang mendapatkan manfaat," katanya.
(T.S023/H-CS/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010