Ambon (ANTARA News) - Cine Surya, salah satu perusahaan film di Jakarta akan membuat film untuk memeriahkan Sail Banda yang penyelenggaraannya dijadwalkan pada Juli hingga Agustus 2010.

Sutradara Muhammad Ichsan, di Ambon, Minggu, mengatakan, pembuatan film yang difasilitasi Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX (Maluku dan Maluku Utara), Jefry Pattiasina itu dijadwalkan diputar pada awal Agustus 2010.

"Jadi kegiatannya diawali workshop kepada para siswa SMA dan mahasiswa yang berminat membuat film berdurasi 10 menit menampilkan materi kearifan lokal dengan thema `Sail Banda`. Peserta nantinya diseleksi guna menjaring 10 kelompok beranggotakan masing - masing lima orang," ujarnya.

Ichsan yang didampingi produser Rama Adi mengatakan workshop diarahkan untuk memberikan pendampingan kepada para calon peserta soal operasional kamera hingga editing.

"Kami ingin mendorong generasi muda di Maluku yang berminat di bidang perfilman untuk memanfaatkan sumber daya alam bernilai eksotik karena prospeknya menjanjikan," katanya.

Ichan mengatakan perlu mempersiapkan panduan pembuatan film agar dikirim ke masing - masing SMA maupun Perguruan Tinggi (PT) di Maluku.

"Survei di Kota Ambon selama dua hari telah memberikan aspirasi ke mana arah pembuatan film jenis cerita/ dokumeter yang kenyataan alamnya, termasuk legenda mapun adat istiadat menjanjikan untuk kegiatan tersebut," ujarnya.

Film hasil pembuatan peserta, kata Ichsan, nantinya diputar dalam bentuk layar tancap yang dimanfaatkan juga untuk menyosialisasikan Sail Banda.

"Pemenang terbaik akan diberikan penghargaan yang disediakan Balai Pelaksana Jalan Nasiona IX dengan filmnya diputar melalui layar tancap sehingga bisa dimanfaatkan menyosialisasikan Sail Banda langsung kepada masyarakat," ujarnya.

Ichsan berjanji untuk menghadirkan aktor dan artis pemeran utama film yang diproduksi Cine Surya sehingga menambah semarak suasana kegiatan layar tancap.

"Film yang disiapkan khusus dengan tujuan menghibur dan memberikan pendidikan kepada masyarakat akan disiapkan. Sedangkan aktor dan artisnya langsung berdialog dengan masyarakat untuk menyosialisasikan kegiatan bahari bertaraf internasional tersebut," katanya.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX, Jefry Pattiasina mengatakan kerjasama dengan Cine Surya karena menilai pembuatan film maupun pemutarannya merupakan sarana strategis untuk menyosialisasikan Sail Banda.

"Kami mengfasilitasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab untuk menyukseskan Sail Banda dengan tujuan mempromoskan potens wisata bahari Maluku, sekalgus meyakinkan dunia internasional bahwa Maluku dan Maluku Utara benar benar telah aman," ujarnya.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010