Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menargetkan penjualan sebanyak 90 ribu unit kendaraan selama tahun 2021, dengan rincian sebanyak 60 ribu kendaraan penumpang dan 30 ribu kendaraan komersial ringan.

"Dengan mempertimbangkan kondisi pasar yang menuju pulih serta prediksi target Gaikindo (sebanyak 750 ribu unit secara nasional), kami menargetkan total penjualan 90 ribu unit, 60 ribu dari passenger car dan 30 ribu dari light commercial vehicle (LCV)," kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, kepada pewarta, Selasa.

Irwan menjelaskan, penjualan MMKSI sepanjang 2020 sebanyak 54.768 unit, dengan rincian kendaraan penumpang 34.504 unit dan kendaraan niaga ringan 20.264 unit.

Baca juga: Mitsubishi Xpander turun hingga Rp18 jutaan

Meski terkoreksi 55 persen karena pandemi COVID-19, namun Irwan mengatakan, Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1 persen di segmen small-MPV, kendaraan niaga L300 memimpin pasar Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60,6 persen, Triton merajai segmen 4x4 dengan pangsa pasar 53,6 persen dan Pajero Sport menjadi pemimpin segmen SUV 4x4 dengan pangsa pasar 53,2 persen.

Hal yang membuat MMKSI optimistis pada target penjualan 2021 adalah relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang membuat penjualan Xpander dan Xpander Cross meningkat dua kali lipat.

"Dampaknya positif. Angka penjualannya kalau kami lihat tahun 2020 yang memang terdampak pandemi, rata-rata per bulan 2.100-2.200 unit. Namun setelah Maret 2020, setelah PPNBM, dalam sebulan bisa mencapai 4.500 unit, jadi naik 2 kali lipat. Makanya akan kami optimalkan," jelas Irwan.

Baca juga: Laris terjual, MMKSI hadirkan kembali Xpander Cross edisi Rockford

Target dan Strategi 2021

Untuk mencapai target penjualan dan memperkuat posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, MMKSI akan menjalankan sejumlah upaya pada 2021, di antaranya adalah merilis produk baru maupun produk penyegaran berdasarkan pengembangan yang dilakukan perusahaan.

"Tahun fiskal 2021, kami akan menghadirkan produk baru untuk pasar Indonesia. Kami melakukan development untuk produk terbaik dan maksimal, baik dari sisi produk dan perawatannya. Untuk detail produk yang kami hadirkan, nanti akan dikabarkan," jelas Irwan.

MMKSI juga memperkuat lini penjualan melalui pengembangan jaringan diler resmi dengan menambah delapan diler, sehingga secara total pabrikan berlogo tiga berlian itu memiliki 164 diler pada akhir tahun fiskal 2021. Fasilitas Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia.

MMKSI juga berharap bisa mempertahankan kepuasan konsumen melalui layanan penjualan dan purna jual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2021. Sejalan dengan itu, mereka akan menggiatkan sistem komunikasi terintegrasi dalam aktivitas promosi dan branding, baik secara digital maupun offline.

Baca juga: Bengkel Mitsubishi sediakan layanan uji emisi

Baca juga: Kupas fitur Eclipse Cross
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021