Washington (ANTARA News/AFP) - BP pada Rabu menyepakati untuk menyisihkan 20 miliar dolar dalam "escrow account" (rekening penampungan) berdiri sendiri menjalankan untuk membayar klaim dari tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Setelah bertemu Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih dengan eksekutif lainnya, ketua BP Carl-Henric Svanberg mengkonfirmasi langkahnya dan berjanji semua klaim yang tepat akan ditangani "dengan cepat dan adil."

"Kami juga telah mengumumkan juri independen untuk menjamin hak orang akan mendapatkan uang yang tepat pada waktu yang tepat," kata Svanberg di depan Gedung Putih, diapit oleh kepala eksekutif Tony Hayward dan eksekutif utama lainnya.

Langkah ini telah diumumkan sebelumnya oleh Obama saat ia membacakan pernyataan dari dalam Gedung Putih, sehingga jelas bahwa BP dapat bertanggung jawab untuk angka lebih dari itu.

"Dana 20 miliar dolar ini akan memberikan jaminan substansial bahwa klaim orang dan bisnis akan dihormati," kata Obama . "Ini juga penting untuk menekankan ini bukan sebuah penutup." (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010