Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, akan mengumumkan secara resmi susunan pengurus DPP Partai Demokat periode 2010-2015 pada Kamis (17/6) di Jakarta.

"Susunan pengurus Partai Demokrat sudah hampir selesai seluruhnya. Kamis besok ketua umum terpilih akan mengumumkan secara resmi susunan pengurusnya," kata Tim Pemenangan Anas Urbaningrum, Saan Mustofa, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu.

Saan menjelaskan setelah susunan pengurus Partai Demokrat periode 2010-2015 diumumkan, maka semuanya akan menjadi jelas, tidak ada lagi spekulasi nama-nama yang akan menduduki jabatan di Partai Demokrat.

Menurut dia, pengurus Partai Demokrat mendatang juga merekrut tokoh independen seperti pengusaha dan aktivis.

"Karena sejumlah pengusaha tidak jadi masuk dalam susunan pengurus, maka kemungkinan besar hanya sejumlah aktivis yang akan masuk dalam susunan pengurus," kata anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Aktivis yang kemungkinan akan masuk dalam struktur pengurus Partai Demokrat adalah Koordinator Kontras Usman Hamid, mantan Direktur Eksekutif Imparsial Rachlan Nasidik, Ketua Dewan Tani Indonesia Ferry Juliantono, serta mantan aktivis mahasiswa angkatan 1999 Sarbini.

"Di antara nama-nama aktivis itu ada yang masih menunggu konfirmasi," katanya.

Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharly mengatakan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah mengundang para calon pengurus DPP Partai Demokrat di kediaman pribadinya, Perumahan Puri Cikeas, Bogor, Selasa (15/6) malam.

Calon pengurus yang diundang adalah mereka yang akan menduduki jabatan di dewan pembina, dewan kehormatan, dan sebagian pengurus DPP.

"Pada pertemuan tersebut Pak Yudhoyono memberikan arahan agar para calon pengurus Partai Demokat yang akan dilantik bisa saling menjaga soliditas partai," katanya.

Menurut Melani, pada pertemuan Selasa malam itu, Yudhoyono memanggil satu per satu nama-nama yang akan mengisi posisi di Partai Demokrat. Namun, ada beberapa nama yang tidak hadir karena masih menunggu konfirmasi.

Informasi yang dihimpun, Sandiago Uno tidak bersedia masuk dalam susunan pengurus Partai Demokrat.(*)

(T.R024/D007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010