Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putri Pelatnas Linda Weni Fanetri mengatasi permainannya yang buruk pada game pertama untuk melaju ke perempat final India Terbuka Grand Prix Gold.

Dalam turnamen yang digelar di Chennai, India pada Kamis, Linda mengalahkan pemain Austria Simone Prutsch 17-21, 21-19, 21-11 dalam 46 menit.

Linda sempat memimpin 12-9 pada game pembuka namun setelah lawannya membukukan lima poin beruntun, ia tidak mampu lagi mengejar.

Sebaliknya pada game kedua, ia mampu memperbaiki keadaan saat tertinggal 13-18 untuk merebut game tersebut dan menyamakan kedudukan masing-masing satu game.

Game penentuan sepenuhnya milik pemain peringkat 73 dunia itu setelah sempat bermain imbang di awal hingga kedudukan 6-6.

"Ia sudah memimpin pada game pertama tetapi pengembalian bolanya sering kurang ke belakang sehingga musuhnya gampang mendapat smes," ujar asisten pelatih tunggal putri Thomas Indratjaja yang mendampingi pemain di India.

Selain itu, tambahnya, pemain asuhannya tersebut sedikit tegang sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri.

Pada perempat final, Linda yang memperkuat tim Indonesia pada putaran Piala Uber di Malaysia bulan lalu, akan melawan pemain Singapura Gu Juan yang menyisihan pemain India Mohita Sehdev dengan kemenangan mudah 21-9, 21-8.

Soal peluang meraih kemenangan atas Gu Juan, Thomas mengatakan: "Jika (Linda) bermain normal menurut saya mestinya menang. Mudah-mudahan besok bisa bermain lepas, tidak tegang."

Tunggal putri Indonesia lainnya, Aprilia Yuswandari juga melangkah ke babak delapan besar dengan menyisihkan pemain tuan rumah India Pusarla Venkata Sindhu dengan kemenangan 21-16, 21-17.

Aprilia akan memperebutkan tempat di semifinal dengan pemain Australia Veeran Renuga yang menang atas pemain India PC Thulasi 21-16, 21-18.

Pada nomor ganda putri, empat pasangan Indonesia lolos ke perempat final. Mereka adalah pasangan Debby Susanto/Richi Puspita Dili, Della Destiara/Suci Rizki Andini, Keshya Nurvita Hanadia/Komala Dewi, dan Jenna Gozali/Variella Aprilsasi Putri Lejarsari.

Selain mereka, dua ganda campuran yaitu, unggulan keempat Debby Susanto/Muhammad Rijal dan Jenna Gozali/Riky Widianto dan tiga ganda putra, Berry Angriawan/Muhammad Ulinnuha, Mochamad Rizki Delynugraha/Muhammad Rijal, dan Afiat Yuris wirawan/Rendy Sugiarto juga maju ke perempat final.

Sedangkan pada tunggal putra, Alamsyah Yunus menjadi satu-satunya wakil Indonesia di babak delapan besar.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010