Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (29/3/2021) mulai dari stok bahan bakar saat ini dijamin cukup setelah kebakaran Kilang Balongan hingga Perum Bulog memperkirakan stok beras di gudang mencapai 1,4 juta ton sampai Mei 2021.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Stok BBM

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panic buying akibat insiden kebakaran Kilang Balongan karena stok bahan bakar saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Masyarakat tidak perlu panic buying karena pasokan tetap berjalan aman dan lancar," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Aturan pengendalian transportasi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya sedang menyusun aturan pengendalian transportasi sebagai tindak lanjut pelarangan mudik.

"Saat ini kami tengah menyusun aturan pengendalian transportasi yang melibatkan berbagai pihak," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kapasitas vaksinasi

PT Bio Farma (Persero) mengungkapkan kapasitas vaksinasi gotong royong atau mandiri bisa mencapai 3 juta hingga 4 juta vaksinasi per bulan dengan memanfaatkan kesiapan 806 fasilitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

"Dari sisi kemampuan vaksinasi, kami sudah lakukan pendataan. Ada 806 fasilitas layanan kesehatan yang siap. Kalau semua bisa dioptimalkan, ini akan sangat membantu,” kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Peran Kilang Balongan

Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI merupakan aset negara yang berperan penting bagi perekonomian sebagai salah satu kilang Pertamina untuk memenuhi kebutuhan BBM nasional.

"Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan kebakaran pada tangki T-301G mulai sekitar pukul 00.45 WIB dini hari," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Stok beras

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memperkirakan stok beras di gudang Bulog mencapai 1,4 juta ton hingga Mei 2021 seiring penyerapan beras dan gabah petani yang masih terus dilakukan di masa panen raya saat ini.

"Paling tidak prediksi saya bulan Mei hingga Juni nanti kita sudah bisa capai 1,4 juta ton," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021