Washington (ANTARA News/AFP) - Gedung Putih pada Kamis "menampar "BP dengan tagihan 69 juta dolar AS dan meminta pembayaran segera di cicilan pertama untuk biaya yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya untuk mengurangi tumpahan minyak Teluk Meksiko.

Para pejabat juga mengatakan mereka akan terus menagih raksasa energi Inggris untuk semua biaya terkait dari bencana lingkungan terbesar yang pernah terjadi di Amerika, di bawah hukum AS yang menuntut perusahaan-perusahaan minyak membayar untuk pembersihan.

"Pemerintah Obama hari ini mengirimkan tagihan awal 69,09 juta dolar untuk BP dan pihak yang bertanggung jawab lainnya untuk merespon dan operasi pemulihan yang berhubungan dengan tumpahan minyak BP/Deepwater Horizon," kata pemerintah dalam sebuah pernyataannya.

"Pemerintah akan terus menagih BP secara teratur untuk semua biaya yang terkait," kata pernyataan itu, yang dikeluarkan oleh pusat kecelakaan tumpahan minyak.

"Pemerintah mengharapkan pembayaran yang cepat dan akan mengambil langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa BP dan pihak yang bertanggung jawab lainnya, bukan pembayar pajak Amerika, membayar semua biaya yang berkaitan dengan tumpahan minyak BP/Horizon Deepwater."

Undang-undang Pencemaran Minyak 1990, berlaku setelah bencana minyak Exxon Valdez di Alaska, membuat raksasa minyak itu bertanggung jawab atas biaya pembersihan akibat dari tumpahan dan sedang digunakan oleh pemerintah untuk menahan kaki BP terhadap kebakaran.

Obama juga berjanji untuk memegang tanggung jawab BP jika ditemukan bahwa perusahaan melanggar undang-undang apapun sebelum ledakan rig (anjungan) Horizon Deepwater pada April. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010