Jakarta (ANTARA News) - Pemain depan Barcelona, Lionel Messi, terpilih sebagai pemain terbaik 2009-2010 versi "Castrol Rankings". Messi mengungguli striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan penyerang Chelsea, Didier Drogba, demikian siaran pers Castrol Indonesia yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Castrol menerapkan keahlian yang serupa seperti yang diterapkannya dalam menciptakan oli ke dalam "Castrol Rankings".

Mereka mengunakan analisa yang obyektif dan teknologi canggih untuk mengukur setiap umpan, perebutan bola (tackle), dan pergerakan lebih dari 2.000 orang pemain yang berlaga di lima liga Eropa terbesar selama 12 bulan terakhir.

Analisis menunjukan bintang Argentina, Lionel Messi akan terus berada di puncak penampilannya hingga Juni, saat Piala Dunia 2010 digelar.

Messi suskes membawa Barcelona mendapatkan gelar juara Liga Spanyol musim lalu dan total mencetak 34 gol. Sebanyak 25 di antaranya dihasilkan dalam 20 pertandingan terakhir sejak pergantian tahun.

Messi juga merupakan pencetak skor terbanyak di Liga Champions dengan delapan gol, termasuk empat gol saat melawan Arsenal di Stadion Nou Camp pada perempat final, April lalu. Kinerja luar biasa Messi mendapat nilai 2.828 pada Castrol Rankings.

Di kompetisi dalam negeri, akurasi tembakan Messi yang mencapai 66 persen. Catatan itu tidak tertandingi oleh siapapun di Liga Spanyol. Di Liga Champions, Messi mencatatkan 28 tembakan ke gawang.

Messi telah membuktikan kemampuan mengoper bola dengan 10 umpan matang di La Liga. Messi juga telah menggiring bola sebanyak 145 kali di Liga Spanyol dan 61 kali di Liga Champions, jauh lebih banyak dari pemain lain.

Sementara itu, Duta Castrol dan peraih trofi Piala Dunia 1998, Marcel Desailly, memuji konsistensi Messi.

Sedang Didier Drogba yang memperkuat Chelsea merengkuh gelar ganda pertamanya, juara Liga Inggris dan Piala FA, membawanya ke peringkat ketiga "Castrol Rankings".

Drogba merupakan pemain Liga Inggris tertinggi di daftar peringkat itu dengan mengungguli rivalnya, striker Manchester United, Wayne Rooney, yang menempati posisi empat.

Drogba merupakan pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 29 gol. Dia mencatatkan 67 tembakan ke gawang dan membuat 10 umpan matang yang berujung gol.

Untuk Arjen Robben (peringkat lima) adalah salah satu pemain terbaik di Bundesliga. Pemain sayap Belanda ini membantu timnya memenangkan gelar ke 22 mereka dengan menyumbangkan 16 gol di 26 penampilannya, diantaranya mencetak 12 gol sejak awal tahun ini.

Pemain sayap ini juga bermain apik di pertandingan Liga Champion dengan menggetarkan gawang Fiorentina (dua gol), serta gawang Manchester United dan Lyon di babak knock-out.

Mevlut Erding berada di posisi ke 42 Castrol Rankings yang membuatnya menempati posisi tertinggi pemain dari ligue 1. Penyerang Paris St Germain mancetak 15 gol di liga dan menunjukkan akurasi yang mengagumkan dengan 55 persen tendangannya tepat sasaran.

Penyerang Udinese Antonio Di Natale (peringkat ke 27 secara keseluruhan) menduduki peringkat teratas dari deretan pemain Seri A pada Castrol Rankings setelah mencetak 29 gol.

Di Natale juga memberikan enam asisst, yang berarti dia terlibat dalam 65 persen gol timnya (35 dari 54) dan merupakan pemain kunci dalam timnya saat berjuang menghindari jurang degradasi. Di Natale juga mencatatkan tendangan terbanyak di liga (152), serta paling sering merepotkan penjaga gawang lawan dengan 71 tendangan.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010