Jakarta (ANTARA) - Setelah hanya menampilkan siluet, Kia baru-baru ini merilis foto-foto desain eksterior maupun interior dari kendaraan listrik baterai (BEV) menjelang pengenalan perdana untuk pasar dunia pada bulan ini.

EV6 dirancang dengan filosofi desain baru Kia 'Opposites United', yang mengambil inspirasi dari kontras yang ditemukan di alam dan kemanusiaan. Di tengah filosofi desain adalah identitas visual baru yang membangkitkan kekuatan positif dan energi alam, dengan kombinasi kontras antara elemen gaya tajam.

Desain eksterior EV6 sangat berbeda dari model-model mobil Kia sebelumnya, dengan memasukkan ciri crossover dan dikembangkan berdasarkan Platform Modular Listrik-Global (E-GMP) baru Kia, yang menggambarkan pergeseran fokus Kia ke elektrifikasi.

Baca juga: Mengenal mobil listrik Toyota yang "mungkin" dibawa ke Indonesia

"EV6, sebagai Kia EV berdedikasi pertama, adalah karya desain progresif yang berpusat pada manusia dan tenaga listrik. Kami sangat yakin EV6 adalah model yang menarik dan relevan untuk pasar EV baru," kata Karim Habib, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Desain Global Kia, dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu.

“Dengan EV6, kami bertujuan untuk menciptakan desain yang khas dan berdampak dengan menggunakan kombinasi fitur canggih berteknologi tinggi pada volume yang murni dan kaya, sekaligus menyediakan ruang yang unik sebagai EV yang futuristik," katanya.

Baca juga: Debut perdana di Tokyo Motor Show, Lexus hadirkan BEV Concept LF-30
Kia EV6 tampak depan. (ANTARA/Kia)


Pilar desain EV6 menciptakan struktur dan sentuhan akhir organik namun teknis untuk interior kendaraan; desain eksterior dicirikan oleh kombinasi garis-garis yang jelas dan sederhana dengan permukaan yang berani dan selalu berubah.

Filosofi "Joy for Reason" berfokus pada nuansa dan suasana kendaraan masa depan Kia. Desain masa depan akan memadukan emosi dengan rasional, menciptakan kendaraan yang memengaruhi suasana hati penumpang, dengan santai dan menginspirasi.

Ini juga akan memengaruhi adopsi bahan organik baru dan warna yang lebih berani, yang mengekspresikan rasa awet muda dan keceriaan.

Desain masa depan akan memanfaatkan pengalaman dan kreativitas untuk menciptakan dan berinovasi desain baru.

Kia EV6 akan mengadopsi pengalaman pengguna dalam mobil (UX) generasi berikutnya melalui desain dan inovasi serta kemajuan dalam pencahayaan, nuansa, dan konektivitas dalam mobil--untuk membantu pelanggan terlibat dengan mobil mereka.

Baca juga: Kia Niro EV jadi armada pengiriman barang di Singapura
Interior Kia EV6. (ANTARA/Kia)


Salah satu elemen paling mencolok dari interior baru di EV6 adalah layar audio visual dan navigasi (AVN) melengkung berteknologi tinggi yang mulus dan definisi tinggi. Bahasa bentuk sederhana dari layar lengkung lebar dan dasbor ramping memberikan kesan ruang terbuka.

Di bawah layar AVN, penumpang mengontrol pengaturan HVAC (pemanas, ventilasi, dan AC) dengan menggunakan 'tombol' haptic, sementara di bawah panel ini, dasbor miring ke arah depan mobil, menciptakan kesan lapang dan keterbukaan untuk bagian depan.

Kursi EV6 ramping, ringan, dan kontemporer, dan dibalut kain modern, menarik secara visual, dan kuat yang dibuat menggunakan plastik daur ulang, yang menciptakan ruang kabin yang lebih terbuka.


Baca juga: Kia akan luncurkan 11 kendaraan listrik

Baca juga: Kia Soul EV terlambat diluncurkan di AS

Baca juga: Kia Niro EV raih penghargaan "Car of The Year"

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021