Jakarta (ANTARA) - New CR-V tercatat menjadi salah satu model Honda yang mengalami peningkatan penjualan pada bulan Februari lalu, sedangkan Honda Brio tetap menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda dan kembali mencatat penjualan tertinggi di kelasnya.

Penjualan New Honda CR-V pada bulan lalu tercatat sebanyak 683 unit, naik 21 persen dibandingkan bulan sebelumnya, tulis Honda Prospect Motor dalam siaran pers, Rabu.

Pada tanggal 18 Februari, Honda telah memperkenalkan model terbaru dari New Honda CR-V yang menampilkan berbagai perubahan tampilan pada eksterior dan interior, serta serangkaian fitur canggih seperti Honda Sensing, Remote Engine Start, dan Hands-Free Access Power Tailgate. Sejak diluncurkan hingga saat berita ini ditulis, jumlah pemesanan untuk Honda CR-V sudah mencapai 1.120 unit.

Baca juga: Honda Legend, sedan berfitur otonom level 3 pertama di dunia

Baca juga: Penjelasan HPM soal Honda City Hatcback RS meluncur tanpa turbo

Sementara penjualan terbesar untuk Honda di bulan Februari lalu kembali datang dari Honda Brio, dengan penjualan sebesar 3.361 unit, atau 56 persen dari total penjualan Honda.

Sepanjang Februari 2021, Honda Brio Satya meraih penjualan sebesar 2.665 unit, memimpin segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 28 persen. Sedangkan Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 696 unit, juga menjadi pemimpin pasar di segmen City Car dengan pangsa pasar sebesar 75 persen.

Selain Honda Brio, model lain yang memberikan kontribusi signifikan untuk penjualan Honda adalah Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 686 unit, dengan pangsa pasar sebesar 15 persen di kelasnya. Lalu diikuti dengan Honda Jazz dengan penjualan sebanyak 606 unit dan menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 38 persen.

Sedangkan untuk Honda Mobilio telah berhasil membukukan penjualan sebanyak 290 unit, Honda HR-V 1.8 L sebanyak 162 unit, Honda BR-V sebanyak 90 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 73 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 3 unit.

Pada segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 33 unit, memimpin pangsa pasar sebesar 51 persen. Lalu diikuti Honda City Sedan sebanyak 18 unit, serta Honda Accord sebanyak 13 unit. Secara total, Honda telah berhasil mencatatkan penjualannya sebanyak 6.018 unit secara retail sepanjang bulan Februari 2021.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Secara umum, penjualan Honda pada bulan Februari lalu sedikit turun dibandingkan bulan Januari karena sebagian konsumen yang menunda pembelian untuk menunggu pemberlakuan relaksasi pajak di awal Maret."

"Meskipun demikian, peluncuran model baru New Honda CR-V yang mendapatkan antusiasme sangat baik dari konsumen, dan performa penjualan Honda Brio yang masih cukup baik menjadi penopang penjualan Honda di bulan lalu. Kami optimis penjualan di bulan Maret akan meningkat karena didukung pemberlakuan relaksasi pajak PPnBM dan model-model baru Honda yang telah menunjukkan trend booking yang sangat baik,” kata Yusak.

Baca juga: Selamat tinggal Honda Jazz, HPM setop produksi sejak bulan lalu

Baca juga: Honda CRF250 RALLY hadir dengan berbagai perubahan

Baca juga: Toshihiro Mibe ditunjuk sebagai President Honda yang baru
 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021