Jakarta (ANTARA) - PerpalZ TV menggelar Sumatera Roadshow 2021 yang akan mengunjungi para pelaku usaha di bidang transportasi darat, khususnya bus, yang ada di Sumatera.

Menurut Founder dan Host PerpalZ TV, Kurnia Lesani Adnan, hal ini dilakukan untuk kembali menggairahkan industri transportasi darat khususnya bus, yang mengalami penurunan layanan hingga 70 persen karena pandemi COVID-19.

"Diharapkan dengan Sumatera Roadshow 2021 with PerpalZ TV ini menunjukkan geliat industri transportasi darat khususnya bus," kata Sani dalam acara pembukaan Sumatera Roadshow 2021 With PerpalZ TV yang juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia genjot pembiayaan sektor otomotif

Baca juga: Gaikindo optimistis relaksasi PPnBM dongkrak pasar otomotif nasional


"Roadshow ini juga akan melihat seperti apa infrastuktur jalan di Sumatera, jalan tol saat ini dari Lampung sudah sampai ke Palembang dan kita ingin menunjukkan keamanan dan kenyamaan selama perjalanan menggunakan bus," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sani mengatakan perlu adanya upaya bersama untuk membangkitkan industri akibat pandemi ini dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat.

Salah satu caranya melalui mempertemukan para stakeholders dan pelaku usaha bus untuk membahas bisnis angkutan bus dan bagaimana bisnis dilakukan kedepannya, serta menginformasikan tentang perkembangan terbaru dunia bus termasuk infrastruktur pendukungnya.

Sumatera Roadshow yang menggandeng PT ExxonMobil Lubricants Indonesia ini ingin menunjukkan angkutan bus dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan andal, didukung semakin canggihnya teknologi bus saat ini, baik teknologi mesin, pendingin udara, kursi, ban, karoseri, hingga pelumas.

Sumatera Roadshow 2021 menggunakan bus Mercedes-Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN, akan berlangsung mulai 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021 dengan awal keberangkatan dari Jakarta langsung menuju Palembang dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Merak, menyeberang ke Bakauheni, langsung masuk tol Trans Sumatera menuju Palembang.

Dari Palembang perjalanan akan turun ke Lampung, lalu melintasi pesisir barat menuju Bengkulu, lalu ke Jambi, Padang, kemudian naik ke Pekanbaru, dan Kota Medan Sumatera Utara. Roadshow ini akan menempuh total jarak sekitar 6.300 kilometer pergi pulang.

Sumatera Roadshow 2021 ini akan menemui lebih dari 25 pelaku usaha bus di Sumatera, Perpalz TV akan mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat khususnya otobus di Indonesia.

Di Sumatera Barat, PerpalZ TV juga akan menyambangi perusahaan otobus yang sudah sangat tua, yang surat izinnya diterbitkan oleh Belanda sekitar tahun 1930-an.

Dalam ekspedisi ini PerpalZ TV didukung oleh Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, karoseri Laksana, Organda, PT Jasa Raharja (Persero), dan pihak-pihak lainnya.

Baca juga: Jimny Challenge cetak rekor Muri

Baca juga: DAMRI jalin kerja sama dengan Kejaksaan Republik Indonesia

Baca juga: DAMRI luncurkan bus disabilitas NTB Gemilang
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021