Untuk saat ini, saya tidak terlalu memperhatikan catatan waktu lap
Jakarta (ANTARA) - Sebastian Vettel menikmati tugas pertamanya beradaptasi dengan mobil F1 Aston Martin dan menyelesaikan 51 putaran pada hari pertama sesi tes pramusim di Sirkuit Internasional Bahrain, Jumat.

Vettel, yang bergabung ke Aston Martin dari Ferrari musim ini, cukup puas dengan apa yang ia temui di mobil barunya, AMR21.

Kendati finis peringkat tujuh di sesi pagi, juara dunia empat kali itu yakin AMR21 memiliki potensi yang masih harus ia gali.

"Ini hari yang produktif," kata Vettel seperti dikutip laman resmi F1, Jumat. "Masih ada banyak hal yang harus saya biasakan.

"Tentunya mobil ini terasa berbeda, berjalan berbeda, memiliki power unit yang berbeda, juga tombol dan prosedurnya.

Baca juga: Aston Martin resmi luncurkan mobil F1 baru

"Masih ada cukup banyak margin dalam diri saja, dan perbaikan yang harus saya lakukan dalam mengendara, membiasakan diri dengan mobil ini.

"Tapi, jujur, pagi yang sulit, karena sangat berangin, dan daya cengkeramnya cukup rendah. Saya rasa setiap pebalap merasakan kondisi trek yang sama."

"Untuk saat ini, saya tidak terlalu memperhatikan catatan waktu lap. Lebih ke soal perasaan dan mendalami... mencoba membaca mobil ini, banyak data yang kami coba keluarkan."

"Mungkin sedikit membosankan di tahap ini, tapi menyenangkan berada di dalam mobil ini, menyenangkan membawanya slide, dan masih banyak hal yang akan datang dalam beberapa hari ke depan."

Baca juga: F1 masih butuh Vettel, kata Hamilton
Baca juga: Vettel pamit dari Ferrari dengan lagu dan trofi


Vetttel sebelumnya telah memiliki pengalaman membalap dengan mesin Renault dan Ferrari, dan di Aston Martin, sang pebalap Jerman sekarang dipersenjatai salah satu mesin paling kuat di grid saat ini yaitu Mercedes.

"Ini tentunya berbeda (dari power unit Ferrari)," kata Vetel.

"Tentunya dalam hal performa, setiap orang tahun kekuatan mesin Mercedes, jadi soal itu kami tidak punya alasan. Saya menantikannya."

Vettel menyelesaikan sesi pagi dan menyerahkan mobil AMR21 ke rekan satu timnya Lance Stroll untuk diuji di paruh kedua sesi.

Baca juga: Mereka yang menang dan kalah di Formula 1 musim 2020
Baca juga: Bos-bos tim F1 dukung wacana sprint race untuk musim 2021
Baca juga: Portugal resmi kembali ke kalender F1, tempati slot 2 Mei

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021