Jakarta (ANTARA) - Planet Ban menguji coba oli X-Ten Double Ester Matic (XDEM) kepada 14 motor milik ojek online (ojol) untuk perjalanan sejauh 6.000 km dalam waktu tiga bulan.

"Kita sudah melakukan uji coba kepada 14 ojol, yang sebelumnya kita mengganti piston set dengan running menggunakan BBM Pertamax. Setelah pengujian selama 6.000km dengan waktu 3 bulan, hasil itu dibawa ke laboratorium kita yang ada di Singapura, hasilnya performance X-DEM ini lebih bagus, tidak ada penguapan dari 14 motor tersebut," ungkap Wisnu dalam keterangan resminya, Senin (08/02).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kandungan yang ada di oli X-Ten Double Ester ini sudah mengalami improvisasi dari yang sebelumnya, sehingga oli yang saat ini dipasarkan memiliki umur yang lebih panjang hingga 6.000 km.

"Oli yang saat ini benar-benar improvisasi dari yang sebelumnya, sehingga stabilitas oksidasi, friction, anti wear X-Ten Double Ester Matic ini lebih stabil dari oksidasi sehingga oli memiliki umur pakai yang lebih panjang," kata dia.

"Akselerasi juga oli kita yang sekarang ini jauh lebih enteng, meski kekentalan oli tidak berubah," tambah dia.

Dalam hal ini, tim ANTARA juga diberi kesempatan untuk langsung merasakan uji coba oli X-Ten Double Ester Matic yang melakukan penggantian oli di Planet Ban dengan pemakaian oli di kendaraan Yamaha N-Max 2017. Uji coba menggunakan bahan bakar Pertamax seperti yang dilakukan pada pengujian dengan pengendara Ojol.

Kesan pertama setelah mengganti oli X-Ten Double Ester Matic ini adalah tarikan yang begitu enteng dan juga performa yang terus terjaga hingga pada putaran atas tidak membuat motor yang masih standar menjadi loyo.

Meski pada tahap awal pengguna masih merasa agak berat pada awal-awal menggunakan, setelah membersihkan bagian Countinuously Variable Transmission (CVT) terbukti motor matic yang dijejali oli X-Ten Doubel Ester Matic ini lebih lincah dari tarikan awal.

Dalam hal ini, Planet Ban memasarkan oli untuk Yamaha N-Max dengan vsikositas 10W-40 (900ml) dengan harga Rp125 ribu, sedangkan untuk untuk varian 10W-30 dibanderol degan harga Rp120 ribu keduanya sudah berstandar JASO MB / AP SN.


Baca juga: Pelumas Mobil Lubricants berstandar API SP sasar mobil keluaran baru

Baca juga: Besok kerja, ini daftar komponen mobil yang diperiksa usai liburan

Baca juga: Pentingnya pelumasan mesin pada industri kelistrikan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021