Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal Prancis, Renault membuka pesanan untuk Arkana 2021 di seluruh Eropa pada bulan ini, setelah hampir dua tahun peluncuran kendaraan SUV Coupe itu di Rusia.

Mobil yang akan dijual di Eropa ini akan ditopang dengan platform modular CMF-B yang juga digunakan oleh Renault Clio dan Captur saat ini. Arkana yang dijual di Korea Selatan, yang diberi lencana Samsung XM3, juga menggunakan platform yang sama sedangkan yang dijual di Rusia menggunakan platform B0 + yang sama dengan Dacia Duster.

Renault Arkana akan ditawarkan secara eksklusif dengan powertrains hybrid di Eropa. E-TECH hybrid dengan mesin bensin empat silinder 1.6 liter berkekuatan 91 hp dengan dua motor listrik, sebuah "e-engine" dengan 48 hp (36 kW) dan generator starter tegangan tinggi 20 hp (15 kw) serta transmisi dogbox multi-mode tanpa kopling.

Baca juga: New Renault Koleos kini dilengkapi kursi pijat

Powertrain yang inovatif ini dapat menghasilkan tenaga gabungan sebesar 140 hp dan, menurut Renault, memungkinkan SUV ini bekerja dengan tenaga listrik hingga 80 persen selama berkendara di perkotaan.

Selain itu, dua powertrain mikro-hybrid juga akan ditawarkan. Keduanya akan menggunakan unit bensin turbo empat silinder 1,3 liter yang dipadukan dengan transmisi kopling ganda EDC dan sistem starter alternator yang dipasangkan dengan baterai lithium-ion 12V yang terletak di bawah kursi penumpang.

Varian level awal dari mesin ini akan menghasilkan 138 hp sedangkan model andalan akan memiliki 158 hp, meskipun yang terakhir tidak akan diluncurkan hingga Oktober.

Seperti Samsung XM3, Renault Arkana yang dijual di Eropa akan dibuat di pabrik perusahaan di Busan di Korea Selatan.

"Arkana adalah contoh lain bagaimana modernitas dan inovasi berakar pada DNA Renault," kata direktur program Arkana, François Laurent dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari CarsCoops, Senin.

Selain itu, dia juga berkata bahwa ini adalah kendaraan hibrida di setiap level, dan secara sempurna memadukan kode SUV dengan daya pikat positif yang sporty serta menggabungkan daya tanggap dengan keserbagunaan.

"Mesin teknologi hybrid Arkana jelas-jelas melihat ke depan dan menawarkan pengalaman berkendara yang unik, dengan sistem E-TECH Hybrid yang inovatif di puncak jangkauan, menjamin kenikmatan berkendara dalam kombinasi dengan pengurangan emisi CO2 dan peningkatan efisiensi bahan bakar," tutup dia.

Baca juga: Maxindo buka tiga gerai Renault Experience Center

Baca juga: Renault R5 lahir kembali dalam versi modern

Baca juga: Setelah meluncur di India, Renault Kiger siap mengaspal di Indonesia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021