Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama perusahaan pemasok lokal (supply chain) memberikan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk penanggulangan bencana di Tanah Air.

"Kami menyampaikan simpati mendalam kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam di berbagai wilayah Indonesia. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PMI, dan semua pihak yang bekerja keras membantu penanggulangan bencana di daerah dalam kondisi pandemi. Semoga donasi yang kami berikan melalui PMI, dapat terasa manfaatnya bagi daerah yang terdampak.” ujar Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam siaran pers, Rabu (3/3) malam.

Baca juga: Layanan purnajual kendaraan cenderung meningkat di masa pandemi

Baca juga: Toyota hentikan produksi akibat gempa di Jepang


Dana sebesar Rp1,25 miliar diberikan Warih Andang Tjahjono kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla secara virtual di lokasi masing-masing. Bantuan itu diberikan untuk membantu PMI dalam menghadapi bencana di tahun 2021, misalnya gempa bumi Sulawesi Barat, banjir besar Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah, tanah longsor di Jawa Barat, hingga banjir yang dialami warga Karawang.

Toyota menilai kondisi tersebut semakin menantang karena bencana terjadi di tengah pandemi COVID-19.

PT TMMIN - PMI juga meneken Nota Kesepahaman tentang “Dukungan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Manajemen Aset", dengan ruang lingkup yang terdiri Program Pelatihan Training for Trainer mengenai Budaya Kerja, Kaizen, Plan Do Check Action (PDCA), serta Pengembangan Manajemen Aset meliputi Database Aset Terintegrasi serta Modifikasi Sistem Aset.

"Kami berharap serangkaian donasi TMMIN bersama PMI dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemulihan bencana di Indonesia. Kami senantiasa memberikan dukungan penuh kepada PMI dan Pemerintah dalam mengatasi bencana alam di awal tahun 2021,” ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs.

Sebelumnya pada Januari, Toyota-Astra Motor (TAM) bersama diler dan pemangku kepentingan lokal juga menyalurkan bantuan langsung secara bertahap untuk pemulihan di Majene–Mamuju dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: Intip harga Toyota setelah insentif PPnBM, Vios turun sampai Rp65 juta

Baca juga: Daftar mobil baru mendapat insentif PPnBM

Baca juga: Toyota produksi fuel cell kompak untuk mobil listrik

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021