Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil terkemuka Korea Selatan Hyundai Motor Co. mengalami penurunan penjualan di Amerika Serikat hampir 9 persen pada Februari karena cuaca buruk, data perusahaan menunjukkan hal tersebut.

Dikutip dari Yonhap, Kamis, Hyundai Motor menjual 48.333 kendaraan bulan lalu, turun 8,8 persen dari tahun sebelumnya, menurut data dari Hyundai Motor America, anak perusahaan di Amerika Serikat.

Penjualan ke konsumen umum turun 2 persen tahun berjalan, dan penjualan ke perusahaan dan penyedia mobil rental turun 47 persen.

Baca juga: Penjualan Hyundai turun hingga 39 persen

Perusahaan mengaitkan penurunan penjualan Februari dengan kondisi cuaca buruk di beberapa negara bagian Amerika, yang membuat penurunan logistik dan pengiriman.

Gelombang dingin yang parah mencengkeram Texas dan wilayah Amerika Serikat bagian selatan lainnya, menyebabkan kerusakan besar di wilayah tersebut.

Sementara itu, anak perusahaan Hyundai Motor yang lebih kecil Kia Motors Corp mengatakan penjualannya di AS menyusut 7,8 persen tahun berjalan menjadi 48.062 unit pada Februari. Namun, Kia Motors mengatakan pengiriman hariannya di AS telah meningkat 2,4 persen sepanjang tahun ini.

Hyundai Motor dan Kia Motors adalah unit andalan dari Hyundai Motor Group, pembuat mobil terbesar kelima di dunia.

Baca juga: Penjualan Januari naik, Hyundai targetkan 4,16 juta unit 2021

Baca juga: Hyundai dan Kia yakin penjualan akan meningkat lebih dari 10 persen

Baca juga: Hyundai hentikan penjualan Elantra GT dan GT N Line di AS

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021