Dengan semakin meratanya jiwa wirausaha hingga sampai ke berbagai pelosok, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi di setiap kecamatan hingga kabupaten terus naik
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina mengemukakan pentingnya untuk membangun jiwa wirausaha di berbagai daerah karena dengan munculnya wirausahawan di berbagai negeri juga membantu pemerataan ekonomi di Nusantara.

"Salah satu hal yang nyata dapat dilakukan di lapangan adalah membantu masyarakat membangun jiwa wirausaha," kata Nevi Zuairina dalam rilis di Jakarta, Sabtu.

Ia mencontohkan, di daerah pemilihannya di Sumatera Barat, pihaknya mendukung penumbuhan jiwa wirausaha berbasis nagari.

Dengan semakin meratanya jiwa wirausaha hingga sampai ke berbagai pelosok, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi di setiap kecamatan hingga kabupaten terus naik.

Politisi PKS ini mengaku akan terus berupaya mengembangkan potensi-potensi daerah yang berbasis nagari, di mana setiap daerah memiliki kekhasan yang berbeda dan sumber daya yang berbeda pula.

Dengan skala kecil tapi masif tiap daerah, lanjutnya, maka perekonomian akan bergeliat masif hingga kabupaten bahkan provinsi.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan perlu upaya terintegrasi dalam satu ekosistem untuk menciptakan wirausaha muda yang inovatif dan berkelanjutan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pada acara Konsolidasi Kewirausahaan dengan Universitas Prasetya Mulya, secara daring, Selasa (16/2), mengatakan pentingnya sinergi, peran, dan kontribusi para pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta, organisasi, masyarakat, dan pihak lain dalam mewujudkan hal tersebut.

"Sejalan dengan itu, Kementerian Koperasi dan UKM dalam pengembangan UMKM ke depan memiliki enam program strategis," kata Teten Masduki.

Enam program strategis dimaksud yakni mendorong berkembangnya koperasi modern, transformasi usaha mikro dari sektor informal menjadi sektor formal.

Selain itu mendorong pelaku UKM untuk masuk ke pasar ekspor dan transformasi digital serta rantai nilai, memperkuat penyaluran dana bergulir, yang fokus pada penyaluran koperasi yang menghimpun UKM pada sektor-sektor produktif.

Baca juga: Teten sebut perlu upaya terintegrasi untuk ciptakan wirausaha muda
Baca juga: Kampus wirausaha "Polimedia" target cetak lebih banyak entrepreneur

Baca juga: Pendidikan vokasi diperbanyak dukung penciptaan wirausaha muda
Baca juga: Teten ajak perguruan tinggi dirikan laboratorium wirausaha

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021