Surabaya (ANTARA) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur merekrut seorang komika atau pelawak tunggal (stand up comedy) untuk memperkuat basis seni budaya sekaligus memperkenalkan politik ke anak muda.

"Harapannya, seniman bisa membangun kemitraan dengan tokoh seni dan budaya, khususnya di Jatim dengan cara yang khas," ujar Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan usai dilantik oleh DPP PKS secara virtual di Surabaya, Minggu.

Komika yang ditetapkan sebagai pengurus sekaligus duduk di posisi wakil ketua bidang seni budaya adalah Wawan Saktiawan.

Wawan merupakan jebolan kompetisi "Stand Up Comedy Academy" (SUCA) Indosiar edisi 2 tahun 2016, dan saat ini menekuni profesi sebagai konten kreator dan membuat film pendek.

Baca juga: Irwan Setiawan kembali pimpin PKS Jawa Timur 2020-2025

Menurut Irwan, dipilihnya seniman muda itu juga menjadi bagian dari menjawab harapan DPP PKS yang meminta partainya di Jatim dapat semakin mendapat kepercayaan dari rakyat.

"Oleh karena itu, kami meresponnya dengan menghadirkan kepengurusan beragam dan dari berbagai latar belakang. Ada seniman, pengusaha, pelaku UMKM, kaum milenial, praktisi, pegiat sosial hingga politikus berbagai tingkatan," ucap Kang Irwan, sapaan akrabnya.

Mantan anggota DPRD Jatim itu memastikan kepengurusan terpilih dalam periode ini diserahkan kepada mereka yang dianggap mempunyai kapasitas di bidangnya masing-masing sehingga menjiwai bidangnya.

Dengan komposisi dan kesolidan kader sekarang, pihaknya optimistis pada Pemilihan Umum 2024 mampu mendongkrak perolehan suara dan kursi, baik di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi Jawa Timur maupun DPR RI.

Baca juga: Presiden PKS: Kader korupsi harus pilih mundur atau dimundurkan

"Pemilu 2019, PKS mendapat 104 kursi untuk 38 DPRD Kabupaten/Kota dan target ke depan adalah 200 kursi. Lalu di DPRD Jatim hanya dua dan targetnya 14 kursi, serta DPR RI target 11 kursi dari dua kursi yang dimiliki sekarang," katanya.

Sementara itu, Komika Wawan Saktiawan mengaku sempat berpikir beberapa kali untuk menerima tawaran sebagai pengurus di tingkat wilayah.

"Partai ini sudah terbukti dekat dengan rakyat. Tapi maaf, kalau pendekatannya formal saya kurang setuju. Ke depan kami akan memanfaatkan informasi teknologi dan mengikuti perkembangan zaman demi bisa dekat semuanya," kata komedian muda asal Malang tersebut.

Di sisi lain, proses pelantikan secara virtual oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu diikuti seluruh pengurus dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: PKS Jatim instruksikan kader patuhi protokol penanganan COVID-19

Selain kepengurusan DPW PKS Jatim masa bakti 2020-2025, juga dilakukan pelantikan pengurus Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jatim yang diketuai oleh Yusuf Rohana.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021