Kita berbicara tentang seorang miliarder dengan salah satu perusahaan paling berharga dalam sejarah dunia yang tampaknya berhasil lolos dari SEC sebelumnya
New York (ANTARA) - Bitcoin mengambil langkah besar lainnya menuju penerimaan arus utama pada Senin (8/2/2021) setelah perusahaan kendaraan listrik miliarder Elon Musk, Tesla Inc, mengungkapkan telah membeli 1,5 miliar dolar AS mata uang kripto dan akan segera menerimanya sebagai bentuk pembayaran untuk mobil, mengirimkan uang kripto melesat lebih tinggi.

Pengumuman, tertimbun jauh di dalam laporan tahunan Tesla 2020, mendorong lonjakan 16 persen pada mata uang kripto Bitcoin yang paling banyak dipegang di dunia menjadi lebih dari 43.000 dolar. Pada harga saat ini 0,88 bitcoin akan cukup untuk membeli Tesla Model 3 level pemula.

Investor mengantisipasi perusahaan lain akan segera bergabung dengan daftar perusahaan yang berinvestasi atau memegang bitcoin termasuk BlackRock Inc, manajer aset terbesar dunia, sera perusahaan pembayaran Square dan PayPal.

Elon Musk telah menjungkirbalikkan Wall Street selama setahun terakhir dan secara singkat menjadi orang terkaya di dunia ketika saham Tesla melonjak hampir 500 persen menjadi perusahaan AS paling berharga kelima, meninggalkan perusahaan dan investor yang ingin mengikuti jejaknya.

"Jika ada orang yang lebih rendah yang membuat keputusan untuk menempatkan sebagian dari neraca mereka di Bitcoin, saya tidak berpikir itu akan dianggap serius," kata Thomas Hayes, anggota pengelola di Great Hill Capital LLC di New York. “Tapi ketika orang terkaya di dunia melakukannya, semua orang harus melihatnya lagi.”

Berita tersebut memicu perdagangan besar-besaran dalam mata uang kripto dan menyebabkan bursa seperti Coinbase, Gemini, Binance mengalami masalah teknis, menurut Coindesk.

Baca juga: Dolar AS melemah, tertekan investor fokus mata uang kripto

Itu juga menghasilkan diskusi di Reddit. Sementara diskusi tentang mata uang kripto dilarang di komunitas WallStreetBets yang memicu hiruk pikuk perdagangan GameStop Corp, pengguna di subreddits lain memposting "ke bulan," mengharapkan lebih banyak perusahaan untuk mengikuti setelah Tesla.

Sebagai pendukung mata uang kripto yang terkenal, Elon Musk secara teratur mempertimbangkan hiruk-pikuk investasi ritel bulan lalu, juga menaikkan harga dogecoin mata uang digital berbasis meme dan saham rantai permainan video AS GameStop.

Para ahli mengatakan mereka tidak akan terkejut dengan pengawasan lebih ketat dari regulator mengingat masa lalu Elon Musk yang tidak mulus dengan para pengawas.

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) beberapa kali berdebat dengan Elon Musk dan Tesla mengenai penggunaan Twitternya untuk membahas perusahaan, yang pada akhirnya mengakibatkan dia keluar dari jabatannya sebagai ketua perusahaan dan denda sebesar 20 juta dolar AS untuk Elon Musk dan Tesla.

Baca juga: Elon Musk sebut bitcoin "di ambang" untuk diterima luas oleh investor

“Kita berbicara tentang seorang miliarder dengan salah satu perusahaan paling berharga dalam sejarah dunia yang tampaknya berhasil lolos dari SEC sebelumnya,” kata Tyler Gellasch, ketua Healthy Markets Association di Washington dan mantan pejabat SEC. Namun, Gellasch mengatakan bahwa "pemeriksaan tidak berarti ini kemungkinan menjadi kasus penegakan hukum."

Tesla mengatakan dalam laporannya, keputusan untuk memindahkan hampir delapan persen dari cadangannya ke bitcoin adalah bagian dari kebijakan investasinya yang luas sebagai perusahaan yang bertujuan untuk mendiversifikasi dan memaksimalkan pengembalian uang tunai, termasuk memegang emas. Laporan itu mengatakan, itu berakhir 2020 dengan 19,38 miliar dolar AS dalam bentuk tunai dan setara kas.

"Kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada undang-undang yang berlaku dan awalnya secara terbatas, yang mungkin kami likuidasi setelah diterima," kata perusahaan itu.

Baca juga: Harga emas naik lagi, melonjak 21,2 dolar terkerek harapan stimulus AS

Tesla mengatakan telah menginvestasikan total 1,5 miliar dolar AS dalam bitcoin di bawah kebijakan yang diubah dan dapat "memperoleh dan menahan aset digital dari waktu ke waktu atau jangka panjang". Saham perusahaan naik 1,3 persen pada Senin (8/2/2021).

Emas melonjak lebih dari satu persen pada hari yang sama, sementara ethereum, mata uang kripto lainnya, melonjak ke rekor tertinggi.

Bank-bank sentral tetap skeptis terhadap mata uang digital, tetapi analis mengatakan semakin banyak penggunaan di dunia nyata untuk bitcoin, semakin menarik itu akan terbukti sebagai penyimpan nilai jangka panjang.

Baca juga: Investasi ke mata uang kripto minggu lalu capai 245 juta dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021