Jakarta (ANTARA) - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui unit usahanya SPIN Pay mendorong masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai pada saat pandemi yang masih terjadi hingga kini.

"Kami terus memberikan kemudahan dan meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna aplikasi kami, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini. Melalui SPIN Pay, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi cashless dengan scan di semua QR code yang berlogo QRIS pada merchant store," kata Direktur Smart Payment Indonesia (SPIN) Jessica Tanoesoedibjo melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Ia menuturkan, pandemi yang sudah melanda Indonesia lebih dari satu tahun berdampak bagi semua orang, baik pemerintah, pengusaha, hingga masyarakat menengah ke bawah. Demi melanjutkan kelangsungan hidup, banyak orang berbondong-bondong membuka usaha baru, baik dari usaha mikro hingga usaha besar.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mencapai 64,2 juta dan mampu menyerap hingga 116,9 juta lebih tenaga kerja.

Meski begitu, pandemi COVID-19 menimbulkan goncangan ekonomi yang sangat besar di seluruh negara di dunia, begitu juga untuk Indonesia yang terus mengalami penurunan ekonomi. Pertumbuhan UMKM di masa pandemi ini, tentu memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Jessica, SPIN Pay mendukung penuh dalam membantu pemilik UMKM guna menjalankan bisnisnya dengan lebih fleksibel agar dapat berkembang.

SPIN Pay, dengan dukungan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada 17 Agustus 2019 lalu, membantu para pemilik usaha UMKM untuk menerima transaksi nontunai atau "cashless" 

Selain membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 dari transaksi tunai, penggunaan QRIS juga membantu pemilik usaha UMKM dalam memperluas bisnisnya untuk semua kalangan.

Selain itu, SPIN Pay juga meluncurkan sebuah inovasi baru dalam melakukan transaksi menggunakan QRIS yang bekerja sama dengan e-TV Mall. Kerja sama ini tentu semakin memudahkan para pengguna aplikasi SPIN untuk melakukan pembelian langsung dari televisi.

Jessica mengatakan, tujuan dari inovasi dan kerja sama tersebut adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait meminimalisir dalam bepergian atau keluar rumah jika tidak mendesak.

SPIN Pay membuat inovasi itu supaya seluruh masyarakat Indonesia yang menjalankan aktivitasnya di dalam rumah juga tetap bisa membeli produk-produk atau barang yang dibutuhkan, hanya melalui televisi tanpa harus keluar rumah dan berinteraksi secara langsung, sehingga dapat mengurangi risiko tertular COVID-19.

"Kini cukup dengan scan QRIS di layar televisi menggunakan aplikasi SPIN Pay untuk produk yang ingin anda beli," ujar Jessica.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021