Mayoritas anggota Komisi III DPR RI sangat berharap kepada Listyo Sigit untuk melakukan langkah terobosan-terobosan bagi kepolisian.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery berharap sosok calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bisa membawa pembaharuan di Polri dan mengakomodasi semua pihak, khususnya di internal Korps Bhayangkara.

"Listyo Sigit merupakan figur reformatif dan kami harap jenderal muda ini bisa membawa pembaharuan di Polri," kata Herman di kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu.

Ia juga berharap Listyo Sigit bersikap profesional dan bisa merangkul kalangan senior dan junior di Polri dengan mempersatukan serta menyolidkan institusi tersebut.

Menurut dia, sejauh ini dari hasil rapat internal Komisi III, mayoritas anggota komisi yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan ini sangat berharap kepada Listyo Sigit untuk melakukan langkah terobosan-terobosan bagi kepolisian.

Baca juga: Komisi III jadwalkan uji kelayakan calon Kapolri pada Selasa (19/1)

"Mayoritas anggota Komisi III DPR berharap betul kepada Listyo Sigit untuk melakukan terobosan-terobosan pembaharuan. Artinya, mayoritas Komisi III DPR menerima dan berharap hal tersebut," ujarnya.

Namun, dia menilai harapan-harapan tersebut tergantung pada hasil uji kelayakan dan kepatutan yang jadwal pelaksanaannya pada hari Selasa (19/1) dan tes pembuatan makalah pada hari Senin (18/1).

Hal itu, menurut Herman, karena dalam uji kelayakan akan bisa terlihat apa yang ditanyakan anggota Komisi III DPR dan penjelasan Listyo Sigit terkait dengan komitmennya dalam memimpin kepolisian.

"Uji kelayakan akan kami laksanakan secara profesional dan terbuka. Nanti kita bisa melihat apa yang dipertanyakan anggota Komisi III DPR dan apa yang menjadi komitmen Listyo Sigit, lalu hasilnya seperti apa, nanti kita lihat," katanya.

Baca juga: Jazilul: Listyo Sigit jalin komunikasi tiap lapisan masyarakat

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021