Jakarta (ANTARA) - Lampu adalah komponen vital pada kendaraan untuk menjaga visibilitas selama berkendara.

Namun, jika lampu pada kendaraan roda dua Anda meredup, pemilik motor disarankan untuk tidak panik dan tergesa-gesa mengganti lampu bohlam. Terdapat 10 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengganti lampu.

1. Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu pada motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu motor Anda. Pastikan bohlam pada motor Anda sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor tersebut. Pakailah produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Senin, standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt.

Namun, apabila motor Anda telah menggunakan lampu LED dan masih redup, jelas ini bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu motor tersebut.

Baca juga: Suzuki alihkan penjualan di Thailand ke distributor

Baca juga: Suzuki Nex Crossover opsi baru skutik untuk "main tanah"

2. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor motor Anda dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

Masa pakai ini dapat Anda lihat dari umur motor. Semakin tua, mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengganti reflektor tersebut. Pastikan sparepart yang Anda gunakan merupakan sparepart original sesuai jenis motor.

3. Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu merupakan komponen yang tidak kalah penting namun sering sekali dilupakan. Masalah yang terjadi pada saklar lampu motor dapat menjadi salah satu penyebab redupnya sinar yang dipancarkan lampu motor Anda.

Masalah ini dapat timbul akibat masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.

Selain itu, debu dan karat pada saklar lampu juga dapat menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Masalah pada saklar lampu ini tidak berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru.

Motor yang diproduksi pada saat ini menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.

4. Soket Lampu Kendor

Soket lampu merupakan salah satu komponen penting pada lampu motor. Jika soket lampu ini kendor, maka arus listrik yang dihasilkan akan meluber ke mana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus listrik yang sampai pada lampu motor Anda.

Soket lampu yang kendor membuat tegangan arus listrik yang dikirim ke lampu motor menjadi kurang maksimal. Hal ini membuat sinar lampu motor Anda terlihat redup. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat melakukan service rutin dengan melakukan pengecekan pada komponen ini.

Baca juga: Toyota perluas pilihan aksesoris Calya, Avanza, Rush dan Hilux

Baca juga: Tujuh fungsi dari "door visor" kendaraan

5. Soket Lampu Karatan

Selain kendor, soket lampu yang karatan juga dapat menjadi penyebab lampu motor redup. Soket terbuat dari plat.

Bahan logam ini dapat berkarat seiring berjalannya waktu. Ada banyak penyebab berkaratnya soket. Salah satu penyebab yang paling umum yaitu masuknya air hujan pada sela head cover motor.

Karat pada soket ini akan menjadi hambatan bagi arus listrik untuk sampai pada lampu. Karat di tengah arus listrik akan menghalangi tegangan yang akan disalurkan ke lampu motor. Akibatnya, lampu motor menjadi lebih redup. Apabila hal ini terjadi, maka Anda harus segera mengganti soket lampu motor Anda.

6. Fitting Lampu Rusak

Tidak hanya soket, komponen berupa fitting lampu yang tidak layak pakai juga dapat menjadi penyebab redupnya lampu motor Anda.

Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.

Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup. Fitting lampu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki untuk dipasang lagi. Disini, Anda harus mengganti fitting lampu motor agar lampu dapat menyala secara lebih maksimal.

7. Baterai Lemah

Apabila jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki harus sangat diperhatikan. Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan. Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan Anda dapat dihidupkan.

Apabila aki lemah, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah akan mengakibatkan sistem kelistrikan tidak dapat berfungsi sempurna.

8. Kiprok Lemah

Kiprok pada motor berfungsi untuk mengubah arus AC dari spull magnet menjadi DC. Kiprok dan spull merupakan komponen yang berfungsi untuk mengisi daya aki. Selain itu, dua komponen ini juga berfungsi sebagai penunjang sistem kelistrikan saat mesin hidup.

Kiprok berkaitan erat dengan aki pada kendaraan. Ketika kendaraan Anda dihidupkan, baterai dan akilah yang berperan besar dalam menyediakan sumber listrik. Namun, ketika mesin kendaraan sudah hidup, maka pengisian listrik untuk menjalankan segala tugas kelistrikan diambil alih oleh kiprok.

9. Spul Penerangan Melemah

Telah disinggung sebelumnya tentang spull yang berkaitan dengan baterai atau aki kendaraan. Ketahanan komponen ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu motor.

Anda harus mengukur ketahanan komponen ini untuk mengecek normal-tidaknya spull penerangan. Apabila ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, maka komponen ini dinyatakan normal.

Namun apabila ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm, maka dapat dipastikan bahwa spull penerangan motor Anda sudah mulai lemah dan harus segera diganti.

10. Kabel Lampu Meleleh

Kabel lampu yang meleleh jelas menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Kabel lampu berfungsi sebagai penghantar aliran listrik agar sampai pada bola lampu sehingga dapat bersinar.

Apabila kabel lampu ini meleleh, maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Hal ini berpengaruh pada sinar lampu motor. Kabel lampu sendiri dapat meleleh pada bagian soket. Ini sangat mungkin terjadi apabila soket terlalu panas.

Loncatan elektron yang terjadi pada soket ketika sedang bekerja pun akan menimbulkan peningkatan suhu. Suhu yang meningkat terlalu panas inilah yang dapat membuat kabel meleleh. Akibatnya, lampu menjadi redup.

Baca juga: Memahami fungsi lampu halogen, LED dan HID

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021