Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PAN Pangeran Khairul Saleh menyampaikan refleksi akhir tahun 2020 partainya, salah satu yang menjadi sorotan, yaitu meminta aparat penegak hukum tingkatkan profesionalisme.

Dia juga meminta penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) harus ditingkatkan dan menjunjung tinggi prinsip keadilan.

"PAN mendorong pemerintah dan Aparat Penegak Hukum untuk meningkatkan profesionalisme, penghormatan terhadap HAM serta menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya," kata Pangeran Khairul Saleh saat konferensi pers Refleksi Akhir Tahun 2020 DPP PAN, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pakar: Penegakan hukum di Indonesia 2021 harus lebih profesional

Dia juga menekankan bahwa prinsip penting negara hukum adalah adanya kesetaraan bagi setiap orang di hadapan hukum atau "equality before the law".

Karena itu, menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

"Keadilan dan kepastian hukum harus tetap menjadi komitmen yang harus diwujudkan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan dengan tidak melakukan tebang pilih dalam penerapan hukum," ujarnya.

Baca juga: Syaikhu: Penegakan hukum dalam penanganan COVID-19 harus adil

Selain itu, dia mengatakan DPP PAN mengapresiasi kinerja aparat hukum dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Hadir dalam konferensi refleksi akhir tahun 2020 DPP PAN tersebut antara lain Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh, dan anggota Komisi XI DPR RI Jon Erizal.

Baca juga: Hendardi: Komitmen Presiden tegakkan hukum dukungan bagi Komnas HAM

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020