Jakarta (ANTARA) - Berlibur pantai bersama keluarga bisa jadi memberikan energi positif untuk melepas penat selama tahun 2020, untuk menyambut Tahun Baru 2021.

Namun jika Anda memutuskan berlibur ke pantai menggunakan kendaraan pribadi, misalnya Pantai Tanjung Lesung, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Anda disarankan hafal dengan rute dan kondisi jalan menuju lokasi pantai yang ingin dituju.

Berikut, persiapan yang harus diperhatikan ketika berlibur ke pantai menggunakan kendaraan pribadi.

1. Bahan Bakar
Selepas tol Jakarta – Merak, Anda akan menyusuri jalan biasa yang cukup panjang. Pastikan bahan bakar mobil cukup, terutama untuk kendaraan yang butuh bensin dengan spesifikasi tinggi dengan mengisinya di rest area tol atau di kota Serang atau Cilegon.

2. Perlengkapan Wisata
Sebagai lokasi wisata pantai, Anda akan lebih banyak melakukan aktivitas di tepi laut yang berisiko membuat pakaian basah. Usahakan untuk membawa pakaian ganti yang cukup, terutama untuk yang membawa anak kecil.

Baca juga: Persiapkan kendaraan sebelum liburan Tahun Baru

Baca juga: Fitur keselamatan terkini bantu mengemudi lebih aman di musim hujan


3. Hotel
Ada beberapa hotel yang bisa dipilih agar berlibur ke kawasan Pantai Tanjung Lesung lebih nyaman dengan akomodasi yang telah dipersiapkan. Silakan browsing untuk mencari yang paling pas sesuai kebutuhan dan memanfaatkan program promo yang ditawarkan. Pastikan hotel yang dipilih menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus COVID-19.

4. Makanan dan Minuman
Memang di sepanjang jalan banyak warung atau restoran, tapi kalau tidak mau repot bisa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

5. Obat-obatan
Lokasi Pantai Tanjung Lesung dan sejumlah pantai lainnya cukup jauh dari kota sehingga alangkah baiknya Anda membawa persediaan obat yang memadai. Mulai dari obat-obatan ringan sampai dengan obat yang wajib dibawa.

6. Persiapan Mobil
Tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan kondisi mobil sebelum berangkat dengan melakukan servis berkala. Tapi bagaimana jika belum sempat? Tenang, Pantai Tanjung Lesung masih dekat dari Kota Pandeglang dan Serang dimana Auto2000 memiliki cabang di sana.

"Wisata ke wilayah pantai memang memberikan pengalaman yang unik dan menggembirakan. Sebelum ke sana, pastikan mobil AutoFamily dalam kondisi prima dengan melakukan servis berkala," kata Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa.

Baca juga: Ada resor tepi pantai baru di pulau Belitung

Baca juga: Liburan keluar kota naik motor, berikut hal yang perlu diperhatikan

Baca juga: Tips rawat kendaraan diesel agar prima saat digunakan berlibur

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020