Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha meyakini Letjen TNI Muhammad Herindra akan bekerja profesional sebagai Wakil Menteri Pertahanan karena rekam jejak yang bersangkutan dari kalangan militer akan mampu bekerja sama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Bagi saya, Letjen TNI Muhammad Herindra yang pernah menjabat Kepala Staf Umum (Kasum) Mabes TNI adalah sosok ideal untuk posisi tersebut (Wakil Menhan)," kata Tamliha di Jakarta, Rabu.

Dia menilai jabatan Menteri Pertahanan adalah posisi yang strategis di dalam kabinet sehingga sangat dibutuhkan seorang Wamenhan.

Baca juga: Pimpinan DPR harapkan para menteri baru bangun kerja tim

Tamliha mengatakan, Herindra merupakan seorang militer yang profesional tentu paham tugasnya sebagai Wamenhan yaitu membantu Menhan dalam mengemban tugas yang telah diberikan Presiden Jokowi.

"Sebagai mitra kerja Komisi I DPR RI, beliau (Herindra) bukan sosok yang suka menonjolkan diri dan memang profesional," ujarnya.

Dia mengaku mengenal sosok Herindra sejak yang bersangkutan menjabat Danrem 101/Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang merupakan daerah pemilihannya.

Selain itu menurut politisi PPP itu, dirinya mengenal Herindra sejak yang bersangkutan menjadi Wakil Komandan Kopassus, Komandan Kopassus, Pangdam Siliwangi, dan Kasum Mabes TNI.

"Herindra menjadi mitra saya sejak beliau menjadi Wadan Kopassus, Komandan Kopassus, Pangdam Siliwangi dan Irjen di Mabes TNI. Jangan lupa, dia juga lulusan Adhi Makayasa di angkatannya," ujarnya.

Baca juga: F-PAN: "reshuffle" tambah kekuatan perkuat kinerja kabinet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik 6 orang menteri dan 5 wakil menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu.

Keenam orang menteri tersebut adalah:
1. Yaqut Cholil Khoumas sebagai Menteri Agama;

2. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan;

3. Tri Rismaharani sebagai Menteri Sosial;

4. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan;

5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan;

6. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pengangkatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 tertanggal 23 Desember 2020.

Selanjutnya Presiden Jokowi melantik 5 orang wakil menteri di kabinet Indonesia Maju yaitu

1. Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan;

2. Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia;

3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan;

4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian;

5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputuan Presiden No 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode tahun 2019-2024 tertanggal 23 Desember 2020.

Baca juga: Sahroni apresiasi Bareskrim ungkap ratusan kilogram narkoba

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020