Jakarta (ANTARA) - Qualcomm mengumumkan Snapdragon 678 Mobile Platform, generasi penerus Snapdragon 675, untuk menghadirkan peningkatan performa secara keseluruhan, koneksi dengan kecepatan tinggi untuk pengambilan foto dan video yang canggih, dan pengalaman hiburan yang imersif.

"Kami memiliki peran strategis untuk mendukung OEM dalam menghadirkan perangkat generasi berikutnya dengan fitur dan performa yang banyak dinantikan oleh konsumen," ujar Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc., Kedar Kondap, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu.

"Snapdragon 678 menghadirkan kemampuan mobile yang banyak diminati untuk hiburan sehari-hari, dengan kecepatan luar biasa cepat melalui koneksi yang dapat diandalkan dan daya tahan baterai yang tahan lama untuk konsumen di seluruh dunia," dia melanjutkan.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 675, Snapdragon 678 menawarkan peningkatan performa berupa kecepatan inti CPU Qualcomm KryoTM 460 hingga 2.2GHz dan peningkatan performa GPU Qualcomm Adreno 612.

Baca juga: Pengiriman ponsel 5G global diprediksi capai 750 juta unit pada 2022

Baca juga: Qualcomm tambah chipgaming Snapdragon 750G


Selain peningkatan performa ini, Snapdragon 678 disebut mendukung kemampuan fotografi dan videografi yang dinamis, serta pengalaman hiburan yang imersif dengan daya tahan baterai yang lama dengan konektivitas yang cepat dan dapat diandalkan.

Untuk fotografi dan videografi, Qualcomm Spectra 250L ISP memberikan tenaga pada fitur kamera penuh warna pada Snapdragon 678, melalui foto tiga kamera sampai dengan 48MP.

Qualcomm Artificial Intelligence Engine (AI) generasi ke-3 juga mendukung fitur-fitur seperti Portrait Mode atau Mode Potret (Bokeh), Low-Light Capture atau Pengambilan Cahaya Rendah, dan Laser Autofocus.

Pengguna juga dapat merekam video HD 4K dengan fitur perekaman, seperti perekaman slo-mo, optical zoom 5x, dan portrait mode, dengan dukungan kamera ganda hingga 16MP.

Untuk hiburan, Snapdragon 678 menghidupkan video streaming, game, dan musik dengan CPU Kryo 460 dan GPU Adreno 612 mendorong proses rendering grafis yang lebih cepat, memungkinkan tampilan visual yang tajam pada framerate tinggi dengan frame drop minimum.

Mobile gamer juga akan mendapatkan kemampuan kustomisasi, karena Snapdragon 678 dioptimalkan untuk Unity, Messiah, NeoX, dan Unreal Engine 4, di antara berbagai game utama lainnya, dan menyediakan akses cepat ke aplikasi dan konten populer.

Selanjutnya, dari segi konektivitas, Snapdragon 678 telah didukung oleh modem Snapdragon X12 LTE untuk mendorong kecepatan unggah dan unduh. Hal ini mendukung kecepatan unduhan hingga 600 Mbps dan unggah hingga 150 Mbps.

Koneksi ini juga mendukung semua mode seluler utama, ditambah dengan LicensedAssisted Access (LAA) untuk peningkatan kapasitas.

Baca juga: Xiaomi siapkan tiga ponsel dengan Snapdragon 888

Baca juga: Realme umumkan "flagship" baru akan dibekali Snapdragon 888

Baca juga: Qualcomm perkenalkan chipset terbaru Snapdragon 888

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020