Pekanbaru (ANTARA News) - Tim PSPS Pekanbaru gagal menutup musim kompetisi Indonesia Super Legue (ISL) 2009/2010 dengan kemenangan setelah ditahan imbang 2-2 oleh tim tamu Persema Malang di Stadion Kaharuddin Nasution, Minggu.

Dua gol PSPS diborong oleh striker asing Dzumafo Herman pada menit kesatu dan menit ke-48, sedangkan gol bagi Persema Malang dicetak Sutaji pada menit ke-37 dan Jaya Teguh Angga menit ke-47.

PSPS yang turun dengan kekuatan penuh dalam pertandingan terakhir di depan sekitar 20.000 orang pendukungnya itu seakan memberikan suatu pertanda baik bagi tim yang pada musim lalu masih bermain di Divisi Utama 2008/2009.

Bagitu wasit asal Jakarta, Yandri, meniup peluit pertanda babak pertama dimulai, para pemain tuan rumah langsung memberikan gebrakan yang berujung pada lahirnya gol cepat di menit pertama melalui kaki Dzumafo setelah berhasil melewati sejumlah pemain Persema.

Gemuruh suporter tuan rumah langsung menyambut gol cepat striker PSPS asal Kamerun yang berhasil menjebol gawang Persema yang dikawal oleh Sukasto Efendi.

Tertinggal satu gol tidak lantas membuat "Laskar Ken Arok" julukan bagi Persema, melemah kendati bermain di kandang lawan. Saling bergantian menyerang ke pertahanan lawan diperagakan kedua tim kendati rumput lapangan kurang bersahabat karena licin akibat diguyur hujan.

Bermula dari serangan balik yang dilancarkan tim tamu, striker anyar Persema Sutaji berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menerima umpan silang sisi kanan pertahanan tuan rumah dan menjebol gawang PSPS. Skor 1-1 bertahan hingga istirahat turun minum.

Memasuki babak kedua, tim tamu memberikan kejutan kepada suporter tuan rumah setelah pemain depan Persema Teguh Jaya Angga berhasil memanfaatkan umpan dari lini tengah dan menjebol gawang PSPS yang dijaga Dede Sulaiman.

Namun keunggulan tim tamu hanya bertahan satu menit saja, sebab Dzumafo langsung membelas dan kembali menunjukkan kualitasnya sebagai striker yang patut diperhitungkan dengan kembali menjebol gawang Persema dan mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Menit ke-72 PSPS memperoleh hadiah penalti setelah tangan salah seorang pemain Persema menyentuh bola di dalam kotak penalti.

Namun peluang tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Dzumafo, setelah tendangannya mampu ditepis kiper Persema dan kedudukan 2-2 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingai usai.

Susunan pemain:

PSPS: Dede Sulaiman, Danil Junaidi, Banaken Bosoken, Rivelino/Agus Rianto, Agus Cima, Ade Suhendra, April Hadi, Edis Sibung, Josh James Maguire/Andika Yudhistira, M Isnaini dan Dzumafo Herman

Persema: Sukasto Efendi, Munhar, Suroso, M Kasan Soleh, Park Chul Hyung, Bima Sakti, Siswanto, Robby Gaspar, M Kamri, Sutaji dan Jaya Teguh Angga. (*)

M046/I015

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010