Jakarta (ANTARA) - Setelah pendiri Xiaomi Lei Jun mengkonfirmasi penggunaan Snapdragon 888 pada Mi 11, dan kepala Redmi Lu Weibing mengumumkan persiapan ponsel Redmi k40 Pro, kini kabarnya Black Shark juga akan dibekali chipset terbaru dari Qualcomm itu.

Menurut bocoran dari Digital Chat Station, dikutip dari Gizchina, Senin, Black Shark telah bersiap untuk merilis model dengan nama sandi "Emperor" yang berbasis Snapdragon 888 dengan mengunggulkan desain ponsel dan pengisian daya.

Bocoran tersebut juga mengungkapkan bahwa ponsel Redmi dengan Snapdragon 888 juga akan dirilis jauh lebih awal dari Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom yang dibangun di atas Snapdragon 865, yang memulai debutnya pada Maret tahun ini.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 bakal dibekali Snapdragon 875 dan kamera 48MP?

Jika ponsel model baru tersebut datang "jauh lebih awal," maka pengumumannya diharapkan akan terjadi pada Januari atau paling lambat Februari.

Qualcomm meluncurkan Snapdragon 888 dalam acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital 2020, Selasa (1/12).

Snapdragon 888, dengan Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, dan juga mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Dari segi kamera, Snapdragon 888 membawa peningkatan kecepatan gigapixel, yang memungkinkan pengguna Qualcomm Spectra ISP dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, diklaim hingga 35 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, Qualcomm AI Engine generasi keenam terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon membawa kemajuan besar pada AI dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk meningkatkan kinerja, hemat daya, dengan performa 26 tera operations per second (TOPS).

Selanjutnya, Qualcomm juga membawa Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga pada Snapdragon 888 dengan peningkatan pada performa Qualcomm Adreno GPU.

Selain Xiaomi, Kehadiran Snapdragon 888 mendapat dukungan dari sejumlah OEM, termasuk ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo dan ZTE.

Baca juga: Xiaomi salip Apple jadi vendor ponsel No.3 di dunia

Baca juga: Makin canggih, berikut spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 9

Baca juga: Xiaomi rangkum kenaikan pendapatan dan laba di kuartal III

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020